Gambar 5 Alternatif Sumber Terbuka untuk Jejaring Sosial yang Menjaga Privasi Anda

5 Alternatif Sumber Terbuka untuk Jejaring Sosial yang Menjaga Privasi Anda

Tidak perlu keluar dari jejaring sosial jika Anda menghargai privasi. Ambil kembali kendali atas data pribadi Anda dengan alternatif sumber terbuka ini untuk jejaring sosial populer seperti Instagram, Clubhouse, dan Reddit.

Jejaring sosial memiliki terlalu banyak kekuatan atas kita. Kami mengunggah data pribadi kami kepada mereka, tetapi mereka memegang kendali. Mereka dapat membatasi apa yang kita lihat atau tidak lihat, apa yang kita katakan atau tidak katakan. Kapan saja, mereka dapat tidak dapat diakses karena perintah pemerintah atau masalah server. Dan itu bahkan tidak memperhitungkan masalah privasi dan bagaimana mereka menjual data pribadi Anda untuk mendapatkan uang iklan.

Facebook memiliki alternatif seperti Diaspora, sedangkan Twitter memiliki Mastodon. bagaimana dengan yang lainnya? Coba alternatif sumber terbuka ini untuk jaringan sosial yang memberi Anda kendali atas data dan privasi Anda sambil tetap menawarkan fungsionalitas yang serupa dengan yang dimiliki perusahaan besar.

1. Jam (Web): Alternatif Sumber Terbuka untuk Clubhouse dan Twitter Spaces

Bosan dengan layar tapi masih ingin berbicara dengan orang lain? Clubhouse dan Twitter Spaces telah meledak popularitasnya berkat ruang obrolan khusus audio mereka. Jika Anda belum menerima undangan atau tidak ingin memberikan data pribadi ke perusahaan besar, Jam adalah sumber terbuka dan alternatif gratis untuk Clubhouse dengan banyak fitur.

Di bagian dalam, Jam bekerja sama seperti yang lain. Selenggarakan ruang virtual dari browser web apa pun, bagikan tautan dengan orang lain, dan bergabunglah untuk mulai berbicara. Anda dapat mengontrol siapa yang berbicara dan siapa yang mendengarkan. Tetapkan setiap ruangan sebuah topik, deskripsi, dan tombol tindakan dengan URL.

Karena bekerja melalui koneksi peer-to-peer (P2P), Jam hanya dapat mendukung 15 speaker dan 30 peserta dalam satu ruangan. Ini jauh lebih murah daripada Clubhouse. Tetapi Jam menutupi kekurangan ini melalui hal-hal lain, seperti memberikan reaksi emoji animasi avatar Anda terhadap apa yang dikatakan seseorang. Anda juga dapat menambahkan branding Anda sendiri ke sebuah ruangan.

Dan tentu saja, karena ini open source, Anda dapat melindungi data Anda dengan menghosting Jam di server Anda. Ini bisa sesederhana Raspberry Pi. Lebih banyak fitur akan segera hadir di Jam dari tim pengembang yang antusias, jadi pantau terus fitur ini.

2. Pixelfed (Web): Alternatif sumber terbuka untuk Instagram

Kebanyakan orang telah mendengar tentang Mastodon, alternatif Twitter yang berusaha menjadi platform micro-blogging terdesentralisasi. Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa perusahaan yang sama memiliki alternatif Instagram open source yang berfokus pada privasi yang disebut Pixelfed.

Umpan default mirip dengan Instagram, tempat Anda mengikuti orang dan melihat foto, video, dan cerita yang mereka posting. Anda dapat mengirim pesan langsung ke pengguna, mengomentari posting dan bertindak seperti jaringan sosial standar. Setiap posting memungkinkan maksimal 10 foto atau video.

Pixelfed tidak akan mengganggu Anda dengan iklan dan postingan bersponsor. Ini berjalan di server peer-host, jadi tidak ada perusahaan jahat besar yang mencoba mengisi pundi-pundinya menggunakan data pribadi Anda. Aplikasi web berjalan sepenuhnya di browser, di komputer dan ponsel, dan menyimpan cookie.

3. PeerTube (Web): Sumber Terbuka, alternatif P2P untuk YouTube dan Vimeo

YouTube dan Vimeo adalah platform streaming video gratis terbesar bagi rata-rata orang untuk mengunggah atau menonton klip di Internet. Sebagai ganti tag “gratis” itu, Anda menyerahkan data pribadi dan sensor serta penghapusan yang bertahan lama, iklan bertarget, dan masalah lainnya.

PeerTube menawarkan alternatif sumber terbuka untuk YouTube yang bekerja pada jaringan peer-to-peer yang sangat mirip dengan torrent. Setiap instance PeerTube menghosting videonya sendiri, jadi tidak ada biaya server yang harus dibayar atau kebutuhan lain untuk menayangkan iklan. Setiap instance atau host bebas memposting konten apa pun yang diinginkannya (selama memenuhi pedoman komunitas).

Tentu saja, Anda dapat menggunakan PeerTube tanpa menghosting instance Anda sendiri, seperti halnya Anda menonton video YouTube. Jelajahi konten yang dikurasi PeerTube, gunakan filter navigasi di situs utama, atau lihat hal-hal yang direkomendasikan dari saluran yang Anda ikuti. Ini adalah opsi yang bagus untuk meng-hosting video Anda secara online sambil mempertahankan kontrol data.

4. Lemmy (Web): Alternatif sumber terbuka untuk Reddit

Reddit telah lama dipuji sebagai benteng kebebasan berbicara di internet, tetapi sensor dan kontroversi investasi baru-baru ini telah menghilangkannya. Ada beberapa lainnya seperti Voat dan 4Chan, tetapi Lemmy adalah alternatif open source untuk Reddit yang berjalan di jaringan federasi.

Jaringan federasi adalah jenis jaringan peer-to-peer di mana siapa pun dapat meng-host instance Lemmy dan terhubung ke instance lain dengan membuat jaringan data bersama. Sebagai pengguna, Anda mungkin ingin bergabung dengan Lemmy.ml default, tetapi Anda dapat menemukan server lain di situs web utama Lemmy.

Dalam hal penggunaan, itulah yang Anda dapatkan dengan Reddit. Terutama ini adalah tempat untuk berbagi tautan dan menambahkan komentar, dengan komentar bersarang untuk memandu percakapan. Sistem upvote / downvote menggeser prioritas tautan dan semuanya bekerja melalui browser web bahkan di ponsel.

5. Glimesh (Web): Alternatif open source untuk Twitch

Untuk live streamer, terutama para gamer, pilihan hari ini bermuara pada Twitch, YouTube, dan Facebook Live. Tetapi mereka semua memiliki batasan, terutama dalam hal monetisasi dan bagaimana orang lain dapat menemukan Anda. Glimesh mencoba memberikan kendali kembali kepada tuan rumah.

Platform streaming sumber terbuka ini mengklaim “dibangun oleh komunitas, untuk komunitas”. Fokusnya adalah pada bagaimana pembuat konten dapat lebih mudah berinteraksi dengan penggemar mereka dan membangun audiens online dan bagaimana pengguna dapat menemukan streamer online. Selain game, Glimesh mendukung genre live streaming lainnya seperti seni, musik, teknologi, IRL, pendidikan, dll.

Glimesh saat ini dalam tahap alfa, tetapi Anda dapat mendaftar dan mencobanya. Fitur seperti langganan dan pembayaran, video sesuai permintaan dan media serta aspek penting lainnya akan segera tersedia. Tim pengembang menekankan transparansi dan keterbukaan dan siap menjawab pertanyaan apa pun di saluran Discord mereka.

Privasi dan perlindungan tidak berarti bahwa jejaring sosial baik untuk Anda

Rangkaian alternatif sumber terbuka untuk jejaring sosial ini memberi Anda opsi untuk terhubung dengan orang-orang secara online dan tetap melindungi data Anda. Tetapi ini tetap tidak menyelesaikan masalah mendasar dengan jejaring sosial: terlalu banyak yang tidak baik untuk kesehatan mental.

Meskipun jejaring sosial open source ini tidak menampilkan iklan atau melanggar privasi Anda, mereka masih dapat memengaruhi pemikiran Anda berdasarkan bagaimana orang lain menggambarkan kehidupan mereka. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda ekspos dan jangan jatuh ke dalam perangkap kecanduan teknologi.

Check Also

Gambar Pilihan Internet Kecepatan Tinggi Terbaik untuk Daerah Pedesaan di tahun 2021

Pilihan Internet Kecepatan Tinggi Terbaik untuk Daerah Pedesaan di tahun 2021

Menyiapkan internet di daerah pedesaan bisa jadi menakutkan, terutama jika Anda tidak tahu opsi apa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *