Gambar 6 Alasan Anda Tidak Harus Menggunakan Pengelola Kata Sandi Peramban Web Anda

6 Alasan Anda Tidak Harus Menggunakan Pengelola Kata Sandi Peramban Web Anda

Pengelola kata sandi menjadi sangat penting sehingga browser web menawarkan solusi terintegrasi. Meskipun pengelola kata sandi berbasis browser gratis, solusi pihak ketiga mandiri juga tersedia.

Tetapi akan membantu jika Anda tidak menggunakan pengelola kata sandi bawaan browser Anda. Dan inilah alasannya.

Browser mana yang memiliki pengelola kata sandi bawaan?

Browser mainstream menawarkan kemampuan manajemen kata sandi. Tidak ada kejutan di sini karena ini hanya cara untuk memastikan Anda terhubung dengan ekosistem.

Daftar browser tradisional dengan pengelola kata sandi bawaan termasuk Google Chrome, Edge, Firefox, Opera, Safari, dan Brave. Pengelola kata sandi ini bekerja sampai batas tertentu sama dengan alternatif mandiri. Satu hal yang membuat pengelola kata sandi berbasis browser begitu menarik adalah kenyamanan.

Mereka sangat nyaman tanpa perlu unduhan tambahan, dan kata sandi Anda secara otomatis disinkronkan dengan data Anda. Masuk ke akun Anda dan Anda siap melakukannya. Plus, pengelola kata sandi berbasis browser semuanya gratis, tanpa batasan, setidaknya sejauh menyangkut fitur.

Di Chrome, misalnya, kata sandi disimpan di akun Google Anda dan Anda dapat mengaksesnya dengan membuka passwords.google.com. Namun jika Anda tidak masuk, Chrome akan menyimpan sandi secara lokal.

Dan ketika Anda memasukkan kata sandi di situs untuk pertama kalinya, browser Anda akan meminta Anda untuk menyimpannya. Chrome kemudian akan memberikan kredensial login Anda saat berikutnya Anda ingin login ke situs tertentu yang loginnya disimpan di brankasnya.

Mengapa Anda harus menghindari pengelola kata sandi berbasis browser

Meskipun kemampuan itu bagus, Anda tidak boleh menggunakan pengelola kata sandi berbasis browser. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Sulit untuk berpindah browser

Manfaat pertama menggunakan pengelola kata sandi pihak ketiga khusus adalah dukungan lintas platform. Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi mandiri di hampir semua platform dan semua browser. Anda tidak dapat mengatakan hal yang sama untuk pengelola kata sandi browser.

Misalkan Anda memiliki kata sandi yang disimpan di Opera; Anda tidak dapat mengaksesnya di Google Chrome.

Sayang sekali, terutama jika Anda sering berpindah browser. Pengelola kata sandi mandiri memberi Anda otonomi, dan yang terbaik, bahkan jika platform tidak didukung, Anda dapat masuk ke brankas Anda menggunakan versi berbasis web.

Satu-satunya browser yang menawarkan otonomi adalah Firefox, yang telah mengganti nama fungsi pengelola kata sandinya menjadi Lockwise dan merilis aplikasi mandiri di Android dan iOS.

2. Mereka tidak menyertakan opsi berbagi yang mudah dan aman

Pengelola kata sandi mandiri menyediakan cara yang nyaman dan aman untuk berbagi kredensial. Di sisi lain, pengelola kata sandi browser tidak. Ini bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama jika Anda berbagi beberapa akun online dengan keluarga atau teman, baik itu layanan streaming musik dan video seperti Spotify dan Disney +.

Pengelola kata sandi pihak ketiga menyertakan paket keluarga, yang menawarkan folder bersama yang dapat diakses semua anggota. Folder bersama adalah fitur manajemen kata sandi khas yang memungkinkan Anda berbagi kredensial tertentu dengan nyaman dan aman.

Jika Anda memperbarui kata sandi, itu akan diperbarui untuk semua orang, tanpa harus membagikan ulang kata sandi.

Pengelola kata sandi juga menawarkan dua opsi berbagi: berbagi satu-ke-satu dan satu-ke-banyak. Ini senyaman mungkin.

3. Anda tidak dapat menyimpan lebih dari kata sandi

Pengelola kata sandi modern memungkinkan Anda menyimpan lebih dari sekadar kata sandi. Anda dapat menyimpan foto, video, dan dokumen. Dan mereka menawarkan beberapa gigabyte penyimpanan cloud yang aman untuk tujuan ini. Anda juga dapat menyimpan catatan, alamat, kartu pembayaran, dan bahkan SIM.

Di sisi lain, pengelola kata sandi berbasis browser tidak menawarkan hal seperti itu. Anda tidak dapat menyimpan dokumen, catatan, atau file media. Mereka hanya mendukung penyimpanan kata sandi.

Sebagian besar dari mereka, termasuk Chrome, Firefox, Safari, Edge, dan Opera, memungkinkan Anda untuk menyimpan kartu pembayaran. Tapi itu saja. Jadi, jika Anda ingin menyimpan lebih dari sekadar kata sandi dan kartu pembayaran, sebaiknya beralih ke pengelola kata sandi pihak ketiga.

4. Tidak sekuat pengelola kata sandi mandiri

Singkat cerita, pengelola kata sandi browser tidak sekuat alternatif pihak ketiga mereka. Sebagai contoh, mari kita lihat fitur pembuatan kata sandi di Chrome. Ini secara otomatis menghasilkan kata sandi yang unik dan aman, tetapi itu sesuai dengan persyaratan mereka.

Anda tidak dapat menyesuaikan kata sandi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak ada cara untuk menyesuaikan panjang kata sandi, dan tidak ada cara untuk memberi tahu Google apakah itu harus menyertakan simbol atau angka, keduanya atau tidak keduanya. Kurangnya penyesuaian ini adalah standar untuk pengelola kata sandi berbasis browser.

Sayangnya, ini adalah fitur pembuat kata sandi penting yang bahkan ditawarkan oleh situs web pembuat kata sandi berbasis internet, hanya dengan pencarian jauh. Juga, dengan pengelola kata sandi browser, Anda tidak dapat menambahkan catatan ke setiap entri yang disimpan atau bahkan URL tingkat atas alternatif dengan kredensial serupa.

5. Membatasi Anda untuk hanya menggunakan browser

Sementara beberapa pengelola kata sandi browser seperti Firefox’s Lockwise sekarang memiliki aplikasi mandiri, browser lain seperti Safari tidak. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan kata sandi isi otomatis di luar browser. Jika Anda ingin mengakses akun Twitter Anda melalui aplikasi, Anda perlu menyalin kata sandi dan nama pengguna dan menempelkannya.

Ini tidak senyaman yang Anda dapatkan dengan pengelola kata sandi mandiri; belum lagi implikasi keamanannya karena beberapa aplikasi dapat mengakses konten clipboard.

Tentu saja, jika Anda menggunakan Chrome, Anda dapat melewati semua kerumitan dan mendaftar atau masuk ke aplikasi melalui akun Google Anda. Di iOS, ada beberapa kemudahan jika Anda menyimpan kata sandi aplikasi secara langsung atau memilikinya di Safari. Namun terlepas dari keduanya, pengelola kata sandi browser yang tersisa canggung untuk menjejalkan kata sandi aplikasi.

6. Masalah keamanan

Meskipun pengelola kata sandi berbasis browser secara umum telah meningkat di bidang keamanan, tidak seperti di masa-masa awal, beberapa pakar keamanan siber masih merasa mereka tidak cukup aman. Ini terutama benar ketika pengelola kata sandi browser dibandingkan dengan alternatif mandiri mereka.

Meskipun mereka melakukan pekerjaan yang baik dalam menyimpan kata sandi dan sangat terjangkau, pengelola kata sandi berbasis browser lebih rentan terhadap serangan malware melalui JavaScript, menurut perusahaan perangkat lunak keamanan Avira. Mengunjungi situs web jahat dengan Trojan pencuri kata sandi hanyalah salah satu cara peretas dapat mencuri kredensial Anda.

Dan bagi mereka yang peduli dengan privasi, kurangnya opsi hosting mandiri bisa menjadi masalah.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa pengelola kata sandi browser tidak aman untuk digunakan. Dalam hal keamanan, saya baik-baik saja.

Di sisi lain, pengelola kata sandi mandiri dibangun dengan mempertimbangkan keamanan. Mereka termasuk enkripsi Advanced Encryption Standard (AES) 256-bit tingkat bank dan arsitektur tanpa pengetahuan. Mereka juga memiliki otentikasi multi-faktor canggih yang menggunakan kunci perangkat keras bersama dengan fitur keamanan lainnya.

Beralih ke pengelola kata sandi mandiri

Pengelola kata sandi berbasis browser hanya menawarkan sejumlah kecil fungsi dasar yang diperlukan. Namun, Anda akan kehilangan otonomi untuk mengganti browser sesuai keinginan Anda, mengisi kata sandi aplikasi, menyimpan lebih dari sekadar kata sandi, dan membagikan kredensial dengan aman.

Anda juga kehilangan tambahan lain yang ditawarkan oleh pengelola kata sandi seperti akses darurat dan fitur keamanan lanjutan.

Jika Anda setuju dengan fitur dasarnya, pengelola kata sandi berbasis browser sudah cukup, meskipun kami tidak merekomendasikannya. Beralih ke pengelola kata sandi mandiri hari ini.

Check Also

Gambar Pilihan Internet Kecepatan Tinggi Terbaik untuk Daerah Pedesaan di tahun 2021

Pilihan Internet Kecepatan Tinggi Terbaik untuk Daerah Pedesaan di tahun 2021

Menyiapkan internet di daerah pedesaan bisa jadi menakutkan, terutama jika Anda tidak tahu opsi apa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *