Gambar Apa Arti Eror 404

Apa Arti Eror 404? Berikut Cara Memperbaikinya

Ketika internet berfungsi sebagaimana mestinya, itu tidak bisa lebih bermanfaat. Sayangnya, ada kalanya dia menolak untuk melakukan pekerjaannya. Buat permintaan sederhana dan yang Anda dapatkan hanyalah pesan kesalahan yang tidak jelas. Contoh kasus, kode kesalahan 404.

Kabar baiknya adalah bahwa masalah ini seringkali dapat diselesaikan. Pada artikel ini, kita akan membahas apa arti pesan kesalahan 404, dan yang lebih penting, apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Apa itu Eror 404?

Pesan kesalahan 404 adalah salah satu kesalahan paling umum. Biasanya terjadi ketika Anda mencoba mengunjungi halaman web tertentu dan server yang Anda hubungi tidak dapat menemukannya.

Dalam istilah teknis, pesan kesalahan 404 adalah kode status HTTP. Itu berarti browser Anda telah terhubung ke server, tetapi halaman web yang ingin Anda akses tidak dapat dijangkau.

Ini bisa terjadi ketika Anda meminta halaman yang belum pernah ada di situs web atau yang telah dipindahkan dan karena itu menerima alamat yang berbeda.

Nama lain untuk kesalahan ini termasuk 404 File Tidak Ditemukan dan 404 URL Tidak Ditemukan. Keduanya memiliki arti yang persis sama.

Bagaimana cara memperbaiki kode Eror 404

Jika Anda menemukan pesan kesalahan 404 saat menjelajahi web, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan.

1. Segarkan halaman

Kesalahan 404 berarti bahwa server saat ini tidak dapat menemukan halaman tertentu. Sebagian besar waktu, ini adalah masalah seumur hidup. Tapi terkadang itu bersifat sementara. Sebelum mencoba tips lain dalam artikel ini, ada baiknya Anda segera me-refresh halaman.

Jika melakukan ini menyelesaikan masalah, itu berarti itu hanya masalah server.

2. Periksa URL

Server dirancang untuk mengembalikan persis apa yang diminta, pemeriksaan ejaan tidak disertakan. Bahkan satu huruf yang salah dalam URL dapat menyebabkan kesalahan 404.

Jika ini terjadi, biasanya karena Anda salah memasukkan URL. Tetapi itu juga dapat terjadi ketika Anda mengklik tautan. Lagi pula, orang yang membuat tautan kemungkinan besar akan salah ketik seperti Anda.

3. Ubah pengaturan DNS Anda

Terkadang, setiap halaman web di situs web dapat menampilkan kesalahan 404. Jika Anda mencoba beberapa halaman dan mendapatkan kesalahan yang sama, penyedia layanan internet Anda mungkin telah memblokir akses ke situs web tersebut.

Jika menurut Anda ini masalahnya, coba ubah pengaturan DNS Anda. Anda juga dapat mencoba mengakses situs menggunakan data seluler ponsel Anda dan/atau menggunakan Wi-Fi publik.

4. Bersihkan cache dan/atau cookie browser Anda

Jika Anda pernah mencoba URL sebelumnya dan berhasil, masalahnya mungkin ada pada browser Anda. Ini bisa terjadi jika pemilik situs web telah mengubah alamat halaman web dan membuat pengalihan. Akibatnya, browser Anda mungkin mengabaikan pengalihan tersebut.

Untuk memeriksa apakah demikian, coba kunjungi halaman di perangkat lain. Jika ini berhasil, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan mengosongkan cache browser Anda dan/atau menghapus cookie.

5. Lihat di sekitar situs web

Jika Anda sudah mencoba semua saran di atas dan masih mendapatkan kesalahan 404, itu berarti halaman yang Anda cari tidak ada.

Ini mungkin telah dihapus. Atau mungkin hanya diganti namanya. Jika yang terakhir, Anda dapat menemukan halaman dengan menemukan nama barunya.

Tergantung pada bagaimana situs web dirancang, ada beberapa cara untuk melakukan ini.

  • Jika ada bilah pencarian, masuk akal untuk mencoba mencarinya di sana terlebih dahulu.
  • Jika semua halaman dibagi ke dalam kategori yang berbeda, Anda mungkin ingin memeriksa kategori yang paling logis untuk informasi Anda.
  • Jika URL menyertakan apa yang tampak seperti bagian, Anda dapat mencoba menelusuri tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, misalkan URL-nya adalah: website-name.com/section1/section2/missing-page. Dalam hal ini, Anda akan melihat: website-name.com/section1/ and website-name.com/section1/section2/.

6. Gunakan mesin pencari

Jika halaman yang Anda inginkan telah diganti namanya, Anda juga dapat menemukannya menggunakan mesin pencari. Terkadang, ini lebih disukai karena berfungsi terlepas dari bagaimana situs web dirancang.

Anda dapat meminta Google untuk mengembalikan semua halaman di situs web tertentu dengan memasukkan situs: dengan URL situs web tepat setelah itu. Misalnya, Anda dapat mengetik: site: makeuseof.com langsung ke bilah pencarian Google.

Anda juga dapat menambahkan beberapa kata kunci ke kueri Anda untuk membatasi hasil. Misalnya, jika sumber daya yang Anda inginkan adalah tentang pesan kesalahan, masukkan: situs: pesan kesalahan makeuseof.com.

Permintaan pencarian ini akan mengembalikan halaman apa pun di situs web ini yang membahas pesan kesalahan. Ini sangat berguna karena jika ternyata halaman yang diinginkan telah dihapus sepenuhnya, Anda mungkin menemukan sumber lain yang serupa.

7. Kunjungi Arsip Internet

Jika Anda tahu bahwa halaman yang Anda cari ada di masa lalu, Anda mungkin menemukan salinannya.

Internet Archive menyimpan miliaran halaman web untuk referensi sejarah. Dan jika halaman yang Anda cari bahkan sangat populer, mungkin halaman tersebut telah disimpan dengan aman.

Untuk mencobanya, cukup kunjungi Arsip Internet dan masukkan URL yang diinginkan di bidang pencarian. Dari sana, Anda dapat memilih tanggal untuk melihat apakah ada cuplikan halaman web pada hari itu.

8. Hubungi Pemilik

Jika semuanya gagal dan Anda benar-benar perlu menemukan halaman yang diinginkan, Anda selalu dapat menghubungi pemilik situs web.

Pemiliknya mungkin sama sekali tidak menyadari masalahnya. Dan, selama kesalahan tersebut ditunjukkan kepada semua orang, dan bukan hanya Anda, itu adalah kepentingan terbaik mereka untuk memperbaiki masalah dengan cepat.

Perbaiki kode Eror 404

Pesan kesalahan 404 bisa sangat membuat frustrasi. Sayangnya, ini adalah bagian tak terelakkan dari pengalaman menjelajah web. Situs web sering diatur ulang dan diperbarui di seluruh web, membuat kesalahan 404 lebih mungkin terjadi.

Jika halaman web yang Anda cari masih ada di suatu tempat, tips dalam artikel ini akan membantu Anda menemukannya.

Check Also

Gambar 5 Alternatif Sumber Terbuka untuk Jejaring Sosial yang Menjaga Privasi Anda

5 Alternatif Sumber Terbuka untuk Jejaring Sosial yang Menjaga Privasi Anda

Tidak perlu keluar dari jejaring sosial jika Anda menghargai privasi. Ambil kembali kendali atas data …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *