Gambar Apa itu Dark Web Monitoring dan Apakah Anda Membutuhkannya?

Apa itu Dark Web Monitoring dan Apakah Anda Membutuhkannya?

Layanan Dark Web Monitoring menjadi semakin populer. Pengelola kata sandi menawarkan layanan ini, di antara banyak fitur lain yang menjadikannya suatu keharusan bagi setiap individu yang sadar privasi. Heck, Dark Web Monitoring sangat penting sehingga bahkan perusahaan pemantau kredit dan perusahaan perlindungan dan pemantauan pencurian identitas sekarang menawarkannya untuk mempermanis paket mereka.

Tapi apa itu Dark Web Monitoring? Bagaimana cara kerja Dark Web Monitoring? Dan mengapa itu penting?

Apa itu Dark Web?

Sebelum mempelajari apa sebenarnya Dark Web Monitoring, masuk akal untuk meletakkan beberapa dasar pada istilah dasar yang dipertaruhkan: Dark Web. Apa sebenarnya Dark Web itu?

Untuk memahami Dark Web, kita perlu mengurangi luasnya Internet. Internet didefinisikan sebagai jaringan global perangkat yang saling berhubungan. Ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori besar: web permukaan, web dalam, dan Dark Web.

Web permukaan adalah bagian dari internet yang digunakan kebanyakan orang setiap hari; isinya diindeks oleh mesin pencari seperti Google Search, Bing dan DuckDuckGo. Deep web berisi informasi sensitif tentang individu dan organisasi seperti alamat email, nomor telepon, dll. Informasi ini tidak diindeks dan karena itu tidak dapat diakses melalui mesin pencari.

Di sisi lain, Dark Web adalah jaringan situs web dan forum anonim yang tersembunyi di web yang dalam. Untuk mengakses Dark Web, Anda memerlukan perangkat lunak khusus.

Apa itu Dark Web Monitoring?

Dark Web Monitoring adalah proses menjelajahi situs web anonim yang sulit ditemukan di web dalam untuk mengetahui kredensial pribadi atau bisnis yang bocor, seperti alamat email, detail rekening bank, nomor kartu kredit, dll. Seluruh proses sering otomatis.

Ketika alamat email, nomor telepon, atau informasi pengenal pribadi (PII) lainnya ditemukan di Dark Web, Anda diperingatkan untuk mengambil bagian dalam tindakan pencegahan untuk melindungi diri sendiri. Langkah-langkah ini dapat mencakup mengubah kata sandi jika bocor atau mengganti kartu kredit atau debit Anda, dll.

Biasanya, alat Dark Web Monitoring mencari informasi individual seperti alamat email, nomor telepon, nomor jaminan sosial, nomor kartu kredit, nomor rekening bank, dan nomor paspor di Dark Web.

Informasi yang dicuri atau bocor biasanya dipertukarkan di situs web dan forum dark web, terkadang disediakan secara gratis. Semua informasi yang bocor ini disembunyikan dari pengguna internet sehari-hari di Dark Web; sulit untuk mengetahui apakah ada informasi pribadi Anda yang bocor atau diretas.

Tentu, kecuali salah satu perusahaan yang menyimpan data Anda memberi tahu Anda. Sebenarnya, sebagian besar bisnis tetap diam jika mereka terkena pelanggaran atau kebocoran data untuk melindungi reputasi dan pendapatan mereka, meskipun laporan pelanggaran data menjadi hal biasa di situs web.

Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang Dark Web, karena alat dan layanan Dark Web Monitoring akan membantu Anda melakukan pekerjaan berat untuk Anda.

Bagaimana informasi Anda mencapai Dark Web?

Bayangkan ini: Anda menerima email dari alat Dark Web Monitoring yang memberi tahu Anda bahwa alat itu telah menemukan salah satu kredensial Anda di Dark Web. Masuk akal untuk bertanya-tanya bagaimana kredensial Anda berakhir di darknet.

Jika informasi Anda ditemukan di Dark Web, jelas bahwa seseorang pasti telah mengaksesnya tanpa izin. Umumnya, penjahat mencuri informasi dengan mengakses sistem database perusahaan, kemudian kehilangan konten atau menjualnya secara online. Ini disebut sebagai pelanggaran data atau kehilangan data, tergantung bagaimana hal itu terjadi.

Tetapi pelanggaran dan kebocoran data hanyalah dua contoh bagaimana peretas dapat mencuri informasi Anda. Ada cara lain yang dapat dilakukan peretas untuk mencuri data Anda, seperti melalui malware, phishing, dan skimmer ATM/gas.

Bagaimana Alat Pemantau Dark Web Bekerja?

Alat Dark Web Monitoring, yang mencakup pencakar, perayap, dan pemindai, menjelajahi ratusan, jika bukan ribuan, situs Dark Web setiap hari untuk mendapatkan informasi pribadi Anda. Mereka sering menjelajahi situs Dark Web yang didedikasikan untuk bertukar informasi curian.

Scraper mengunduh data yang tersedia untuk umum di situs web atau forum yang tidak jelas yang bertukar informasi pribadi, lalu menganalisis data untuk menemukan kecocokan.

Mari kita asumsikan beberapa PII Anda ditemukan. Jika demikian, Anda kemudian disarankan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri sendiri.

Apakah Anda memerlukan Dark Web Monitoring?

Karena Dark Web disembunyikan dari pengguna internet normal dan riwayat busuk mereka, penting untuk mengetahui apakah informasi Anda tersedia. Penjahat dapat menggunakan informasi Anda untuk melakukan salah satu dari beragam kejahatan pencurian identitas (menggunakan identitas curian untuk melakukan penipuan, terutama untuk keuntungan finansial).

Akibatnya, Anda perlu tahu tentang kebocoran dan pelanggaran data karena hampir tidak mungkin untuk melindungi diri Anda dari serangan di masa depan jika Anda tidak melakukannya.

Alat Dark Web Monitoring memberi Anda informasi sehingga Anda dapat mengambil tindakan untuk membatasi atau, lebih baik lagi, sepenuhnya menghindari masalah yang dihasilkan seperti kontrol akun, pencurian identitas, penipuan keuangan, dan lainnya.

Jika Anda ingin melindungi diri Anda sendiri, layanan pemantauan ini akan memberi Anda beberapa bentuk pengaruh untuk lebih bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.

Apakah Alat Dark Web Monitoring Berfungsi?

Sebelum Anda menghabiskan uang hasil jerih payah Anda untuk salah satu pemantauan identitas dan layanan pencurian yang juga menjanjikan Dark Web Monitoring, Anda harus tahu apakah itu berfungsi sejak awal.

Masalahnya, memang, tetapi ada batasan signifikan yang membuat alat ini tidak seefisien yang mungkin Anda yakini.

Efektivitas alat Dark Web Monitoring terkait erat dengan waktu yang diperlukan untuk menemukan kredensial yang dicuri ini. Dan itu hanya bergantung pada kapan informasi Anda diungkapkan secara publik di Dark Web. Dengan kata lain, jika informasi Anda dijual di Dark Web, alat ini tidak akan mengaksesnya. Dan Anda tidak akan tahu apakah data Anda ada di luar sana.

Kemungkinannya adalah, ketika data yang dicuri diberikan secara gratis di Dark Web, seseorang telah mencoba menggunakannya dengan cara yang jahat.

Mengetahui tentang pelanggaran data sebelumnya selalu lebih baik, dan oleh karena itu akuntabilitas yang lebih besar sering kali berada di tangan perusahaan yang menyimpan data Anda.

Begini masalahnya: Bahkan perusahaan besar mungkin tidak mendeteksi pelanggaran atau kehilangan data hingga berbulan-bulan, atau lebih buruk, dalam beberapa kasus, bertahun-tahun.

Terlepas dari keterbatasannya, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan alat Dark Web Monitoring.

Cari tahu kapan data Anda bocor di Dark Web

Sulit bagi perusahaan, apalagi rata-rata pengguna Internet, untuk memantau Dark Web. Tapi Anda tidak harus melakukannya. Menggunakan alat Dark Web Monitoring gratis seperti Have I Been Pwned? dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda terkena pelanggaran data.

Apakah pengelola kata sandi memiliki alat bawaan yang serupa dan beberapa bahkan memanfaatkan Abaikan yang telah ditemukan? database untuk mengetahui apakah kredensial Anda telah bocor ke Dark Web.

Check Also

Gambar 5 Keuntungan Belanja Baju Online

5 Keuntungan Belanja Baju Online

Saat ini kita hidup di era yang paling terjangkau. Belanja online telah mengubah industri ritel, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *