Gambar Apakah Ekstensi Browser Benar-Benar Aman?

Apakah Ekstensi Browser Benar-Benar Aman?

Ekstensi browser hanyalah perangkat lunak yang menambahkan fungsionalitas unik atau melakukan fungsi khusus untuk kami selama pengalaman menjelajah kami. Ini dapat mencakup segudang tugas dari mengatur catatan hingga menghapus iklan pop-up, mengelola kata sandi hingga mengubah tampilan kartu.

Tidak dapat disangkal bahwa ekstensi browser meningkatkan aktivitas online kami, tetapi apakah ekstensi tersebut benar-benar aman untuk digunakan? Haruskah kita berhati-hati dalam menggunakannya? Dan berapa banyak terlalu banyak?

Bagaimana cara kerja ekstensi browser?

Ekstensi browser menambahkan fitur atau fungsi tambahan ke situs web. Tetapi mereka juga dapat bertanggung jawab untuk menghapus opsi yang tidak diinginkan seperti video putar otomatis dan fitur canggung lainnya.

Mereka umumnya dibuat menggunakan teknologi dan bahasa berbasis web yang terkenal seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Beberapa ekstensi datang langsung dari browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox tetapi sebagian besar ekstensi seperti Evernote dibuat oleh pemrogram pihak ketiga.

Sebagian besar ekstensi browser memiliki akses sebagian atau penuh ke semua yang Anda lakukan online. Ini berarti mereka dapat melacak penjelajahan Anda, menangkap kata sandi Anda, dan bahkan menempatkan iklan yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat penjelajahan Anda.

Namun, ekstensi browser tidak hanya mendapatkan akses penuh secara otomatis – sering kali, kami secara sadar atau tidak sadar memberikannya kepada mereka. Misalnya, jika Anda memperhatikan saat memasang ekstensi browser di Chrome, Anda akan melihat pesan seperti: “Baca dan ubah semua data Anda di situs web yang Anda kunjungi.”

Sebagian besar pengguna cenderung mengabaikan pesan semacam itu dan masih memasang ekstensi tanpa memahami implikasinya.

Apakah ekstensi browser aman?

Jawabannya adalah ya dan tidak. Ini sangat tergantung pada jenis ekstensi yang Anda pasang; risiko keamanan terbesar yang mereka timbulkan berasal dari mengelola izin.

Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar browser web modern memiliki sistem izin untuk ekstensi, dan beberapa menggunakan izin yang sangat sedikit untuk melakukan pekerjaan mereka. Misalnya, mereka hanya dapat berjalan ketika Anda mengklik ekstensi itu sendiri atau hanya berjalan di situs web tertentu.

Berita buruknya adalah sebagian besar ekstensi browser diizinkan untuk bekerja di setiap situs web dan memiliki akses penuh ke semuanya, yang dapat mengubahnya menjadi mimpi buruk keamanan.

Bagaimana ekstensi browser dapat membahayakan keamanan Anda?

Berikut adalah beberapa masalah privasi dan keamanan yang dapat ditimbulkan oleh ekstensi browser:

  • Mereka dapat berfungsi sebagai keyloggers potensial untuk menangkap kata sandi dan detail login. Faktanya, keylogger dapat melacak semua yang Anda tulis, menjadikannya ancaman besar bagi data sensitif Anda seperti detail kartu kredit dan informasi keuangan.
  • Ekstensi browser berbahaya dapat mengalihkan lalu lintas pencarian Anda ke tempat lain.
  • Ekstensi web berbahaya berpotensi mengunduh malware, adware, dan virus Trojan horse.
  • Beberapa ekstensi browser dapat mengumpulkan informasi dari riwayat penjelajahan Anda dan menyebarkannya ke pihak ketiga atau menjualnya kepada pengiklan.
  • Sebagian besar ekstensi dapat diperbarui secara otomatis, yang berarti bahwa bahkan ekstensi yang sah dapat dibajak dan diperbarui di perangkat Anda tanpa Anda sadari.

Tidak ada jaminan bahwa peramban yang lebih aman dapat melindungi privasi Anda dalam hal penawaran ekstensi peramban mereka. Pada tahun 2020, Google harus menghapus total 106 ekstensi browser Chrome dari Toko Web Chrome sebagai tanggapan atas laporan bahwa ekstensi tersebut digunakan untuk menyalurkan data pengguna yang sensitif.

Cara meminimalkan risiko ekstensi browser

Sekarang setelah kita mengetahui bahaya ekstensi browser, Anda perlu tahu cara menguranginya.

Hindari menggunakan terlalu banyak ekstensi
Dalam hal ekstensi browser, lebih sedikit selalu lebih banyak, jadi jaga agar daftar ekstensi Anda tetap minimum.

Sebagian besar browser web dilengkapi dengan fitur yang dapat disesuaikan dan tidak memerlukan ekstensi tambahan yang dulu populer, seperti mengelola daftar tugas atau menyimpan artikel berita untuk dibaca nanti.

Karena sebagian besar ekstensi yang valid pada akhirnya menjadi bagian dari browser itu sendiri, tidak perlu menambahkan ekstensi tambahan yang memiliki fungsi yang sama dan membuat Anda terkena bahaya ekstensi berbahaya.

Hanya instal ekstensi dari sumber tepercaya

Sangat penting untuk hanya menginstal ekstensi dari sumber populer seperti Toko Web Chrome atau Mozilla.

Hindari memasang ekstensi yang cepat dan tampaknya mudah karena tidak ada cara untuk memprediksi jenis eksploitasi data yang mungkin terjadi. Selain itu, ekstensi yang dibuat oleh orang asing acak untuk menyesuaikan layanan populer seperti Gmail atau YouTube adalah tanda bahaya dan harus dihindari karena dapat membuka pintu bagi malware.

Namun, jika ekstensi datang langsung dari sumber tepercaya seperti Google atau Microsoft, ada baiknya dicoba – ekstensi ini umumnya aman dan tidak dijual ke perusahaan pihak ketiga untuk tujuan jahat.

Untuk melindungi pengguna, Google menggunakan pembelajaran mesin untuk mendeteksi dan memblokir ekstensi berbahaya, sementara Mozilla melakukan pemeriksaan validasi otomatis pada ekstensinya. Tapi sekali lagi, selalu salah di sisi hati-hati, bahkan dengan penyedia browser populer.

Singkirkan ekstensi yang tidak digunakan

Jika ekstensi dibiarkan tidak aktif di browser Anda, cukup copot pemasangannya.

Tinjau semua ekstensi browser secara teratur dan hapus yang tidak lagi diperlukan. Ini mengurangi risiko lubang keamanan yang dapat diperkenalkan melalui ekstensi, terutama yang ditawarkan oleh vendor pihak ketiga.

Dengan menghilangkan ekstensi yang tidak perlu, Anda juga membantu browser Anda berjalan lebih baik – pembersihan browser secara rutin adalah pendorong kinerja yang hebat untuk sistem Anda.

Menghapus ekstensi browser berbeda-beda menurut browser.

Misalnya, di Chrome, Anda dapat mengeklik ikon ekstensi di sudut kanan atas jendela, lalu memilih Hapus. Atau, Anda dapat mengklik tombol More (garis putus-putus vertikal di kanan atas) dan pilih More Tools. Kemudian klik Ekstensi untuk melihat daftar semua ekstensi yang terpasang dan menghapus yang tidak perlu.

Manfaatkan ekstensi browser dengan uji tuntas
Tidak heran jika ekstensi browser memainkan peran penting dalam dunia penjelajahan kita.

Meskipun tidak semua ekstensi browser berbahaya, kita harus rajin dan menentukan keabsahan sebuah ekstensi sebelum memasangnya. Cara yang baik untuk mencapai ini adalah dengan meneliti penerbit ekstensi dan sejarahnya terlebih dahulu.

Selalu ingat untuk menggunakan ekstensi browser dengan hemat dan berhati-hatilah dengan ekstensi yang sudah Anda instal.

Check Also

Gambar 5 Alternatif Sumber Terbuka untuk Jejaring Sosial yang Menjaga Privasi Anda

5 Alternatif Sumber Terbuka untuk Jejaring Sosial yang Menjaga Privasi Anda

Tidak perlu keluar dari jejaring sosial jika Anda menghargai privasi. Ambil kembali kendali atas data …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *