Gambar Bagaimana Kami Menguji SSD

Bagaimana Kami Menguji SSD

Memutakhirkan desktop atau laptop Anda ke solusi penyimpanan yang solid, apakah itu drive 2,5 inci tradisional atau drive M.2 yang canggih, adalah cara cepat dan sering kali murah untuk menambahkan beberapa kinerja yang sangat dibutuhkan oleh sistem yang sudah ketinggalan zaman. . Dengan menginstal solid state drive (SSD) di desktop atau laptop, Anda dapat secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan file, aplikasi, dan bahkan sistem operasi untuk memuat, menginstal, atau menyalin dibandingkan dengan hard drive berbasis platter yang lebih lama. Selama Anda memiliki slot, port, atau rongga yang diperlukan, jumlah film, foto, dan permainan yang dapat Anda transfer ke atau dari mesin hampir tidak terbatas.

Untuk memastikan Anda selalu mendapatkan hasil maksimal dari investasi penyimpanan Anda, kami di PC Labs telah mengembangkan rangkaian pengujian yang komprehensif. Gabungan pengujian standar industri, pengukuran “berbasis jejak” (lebih lanjut tentang apa artinya sebentar lagi) dan pengujian internal, menjalankan setiap unit yang kami periksa melalui serangkaian skenario dunia nyata dan sintetis untuk membantu kami menentukan unit mana adalah yang tercepat, mana yang paling lambat dan siapa yang berada di antara keduanya.

Ingat, dengan SSD, kecepatan bukanlah segalanya. Kami juga menilai unit berdasarkan nilai uang dan fitur tambahan, seperti jaminan, peringkat daya tahan, dan perangkat lunak tambahan. Tetapi SSD menjadi sangat baik akhir-akhir ini sehingga terkadang hal-hal halus yang memisahkan drive rata-rata dari drive yang menang.

Bangku uji: sistem yang kami andalkan

Bergantung pada arsitektur bus (PCI Express vs. SATA) dan protokol koneksi (M.2 atau 2,5 inci untuk SSD internal; USB atau Thunderbolt untuk SSD eksternal), kami menguji setiap drive yang melewati lab pada dudukan uji tertentu, atau sepasang uji berdiri, antara tiga sistem uji berdiri.

SSD M.2 internal berbasis PCIe 3.0; Drive ATA Serial 2,5 inci atau M.2

Drive ini diuji pada test bed penyimpanan utama berbasis Windows 10. Ini adalah PC kelas atas. Ini fitur motherboard Asus Prime X299 Deluxe dengan prosesor Intel Core i9-10980XE clock untuk frekuensi boost maksimum 4,6 GHz.Kami menggunakan 16 GB Corsair Dominator DDR4 RAM clock pada 3,600 MHz dan sistem menggunakan Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founders Edition sebagai kartu grafis diskrit untuk menghidupkan video. PC ini mewakili pengaturan desktop kelas atas yang canggih, dengan drive boot SSD sebagai drive utama dan drive yang diuji dikonfigurasi sebagai penyimpanan tambahan.

Drive M.2 pada sistem ini dipasang di slot M.2 sekunder di bawah kartu video dan dikonfigurasi sebagai penyimpanan sekunder. (Motherboard X299 yang kami gunakan mendukung drive PCI Express M.2 dan SATA M.2). SSD 2,5 inci tradisional dipasang pada port SATA pertama yang ditenagai oleh pengontrol SATA utama motherboard dan dipasang di ruang 2,5 inci.

SSD internal berdasarkan PCIe 4.0

SSD PCI Express 4.0 M.2 adalah kelas baru dari SSD M.2 yang menawarkan potensi kecepatan throughput sekuensial yang lebih tinggi daripada SSD PCI Express 3.0. Pada saat penulisan, dukungan PCI Express 4.0 hanya tersedia pada sistem berbasis AMD yang menggunakan chipset X570 dan B550 untuk CPU Ryzen dan chipset TRX40 untuk chip Ryzen Threadripper. Mereka semua adalah drive M.2. Anda dapat menggunakan SSD PCI Express 4.0 hanya di motherboard 3.0, tetapi akan terpental hingga kecepatan 3.0.

Akibatnya, untuk menguji potensi kecepatan unit ini, kami membutuhkan test bed yang berbeda dari yang utama. Bangku tes khusus ini menggunakan motherboard MSI Godlike X570 dengan CPU AMD Ryzen 9 3950X terpasang. Kami menggunakan RAM 16GB Corsair Dominator DDR4 yang sama dengan clock pada 3.600 MHz dan sistem menggunakan Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founders Edition yang sama dengan kartu grafis diskritnya.

SSD eksternal

Kami menggunakan dua tempat tidur uji di sini. Yang pertama adalah sistem yang sama dengan bangku tes PCI Express 3.0 kami (motherboard Asus Prime X299 Deluxe, prosesor Intel Core i9-10980XE, RAM 16GB Corsair DDR4, kartu grafis diskrit Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founders Edition). Drive diuji terhubung ke satu-satunya port USB Type-C USB 3.2 Gen 2 motherboard ini (port 10Gbps) di panel belakang kecuali dinyatakan lain.

Setelah menjalankan pengujian yang ditentukan di bawah untuk drive eksternal, kami memformat drive dalam exFAT dan menjalankan beberapa pengujian tambahan pada Apple MacBook Pro 2016, pengujian pada Thunderbolt 3 (jika berlaku) atau USB Tipe-C. Jika drive hanya drive Thunderbolt 3, kami hanya menjalankan pengujian berbasis MacBook. Selain itu, kami menambahkan kartu USB 3.2 Gen 2×2 ke testbed penyimpanan utama kami untuk mengakomodasi SSD eksternal kelas baru yang mendukung versi USB 20Gbps berkecepatan tinggi itu.

Tolok ukur: SSD internal

Berikut adalah rincian dari set benchmark yang kami jalankan pada drive internal, baik itu drive M.2 “gumstick” atau internal SATA 2,5 inci konvensional. Drive dihapus dengan aman di antara setiap pengujian yang berbeda.

Memori PCMark 10

PCMark 10 Storage Core Test UL adalah ukuran canggih yang tak ternilai, memberikan pandangan tingkat tinggi tentang kinerja unit dalam berbagai beban kerja harian, seperti pengolah kata dan konferensi video.

Untuk SSD internal, pertama-tama kami menjalankan drive melalui benchmark Drive Sistem Penuh PCMark 10, yang mensimulasikan 23 “trek” (aktivitas simulasi) yang berbeda selama proses berjalan. Track melenturkan drive dengan cara yang mendekati memulai program kreatif berbasis Adobe, memulai Windows 10, menyalin file, memulai game populer, dan banyak lagi.

Skor keseluruhan yang dilaporkan oleh PCMark 10 mewakili kinerja unit selama keseluruhan proses PCMark 10. Skor ini adalah skor yang disetujui yang disajikan oleh perangkat lunak UL pada akhir setiap putaran. Skor ini mencerminkan rata-rata tertimbang dari berbagai aktivitas yang mensimulasikan uji penyimpanan PCMark 10, indikator umum tentang seberapa konsisten kinerja suatu unit di 23 skenario penggunaan yang berbeda.

Namun, ini adalah nomor kepemilikan, dan hanya bermakna jika dibandingkan dengan lusinan unit pesaing lainnya. Di sinilah ulasan kami berperan.

Dapatkan granular: Startup Windows 10 (jejak PCMark 10)

Kami juga menggali data jejak yang lebih terperinci yang disajikan oleh PCMark 10. Bagian pertama yang kami laporkan dipilih dari jejak boot Windows 10, yang mensimulasikan prosedur boot penuh dari sistem operasi. Jumlah throughput yang kami laporkan mencerminkan seberapa cepat drive dapat mengirimkan data yang diperlukan untuk rangkaian tugas tersebut.

Ini dan tiga tes berbasis jejak berikut yang diturunkan dari PCMark 10 mewakili simulasi kecepatan di mana drive dapat menyediakan data saat memulai program tertentu, menyalin file atau, dalam hal ini, saat Windows 10 dimulai. sebanyak megabita per detik, drive membaca apa yang disebut blok data “antrian permukaan 4K acak” (yaitu, jenis di mana sebagian besar aplikasi, game, atau sistem operasi). Meskipun UL merekomendasikan penggunaan metrik “MBps baca / tulis bandwidth” keseluruhan dalam pengujian ini, kami menggali sedikit lebih dalam untuk menyertakan hanya bandwidth 4K acak untuk memberikan gambaran yang lebih spesifik tentang bagaimana sebuah unit dapat berfungsi dalam tugas-tugas ini.

Tes peluncuran game (track PCMark 10)

Selanjutnya kami melaporkan data track PCMark 10 seputar peluncuran game tersebut. Ini sekali lagi mencerminkan kecepatan di mana drive dapat membaca paket 4K dangkal acak kecil. Perhatikan bahwa “4K” yang kita bicarakan di sini adalah ukuran blok file, bukan ukuran file; 4K adalah salah satu ukuran blok file yang paling umum digunakan untuk instalasi game, meskipun komposisinya tergantung pada judul yang Anda mainkan.

Sementara tiga game yang diuji di PCMark 10 sebagian besar disimpan dalam 4K acak kecil, pengujian dari seluruh web telah menunjukkan bahwa MMORPG dapat menggunakan ukuran blok 16K lebih sering, dan beberapa game dari genre lain mungkin cenderung menggunakan blok berukuran blok. dari 32K hingga 128K. Namun, demi pengujian ini, pembacaan acak kecil 4K adalah metrik ukuran blok paling akurat untuk tiga judul FPS populer ini: Battlefield 5, Overwatch, dan Call of Duty: Black Ops 4. Mari laporkan throughput baca lagi. jenis berkas.

Tes startup Adobe (jejak PCMark 10)

Berikutnya adalah kumpulan hasil berbasis jejak yang mensimulasikan peluncuran aplikasi Adobe. Seperti yang dapat dikatakan oleh siapa pun yang secara teratur bekerja di program seperti Adobe Premiere atau Photoshop, hal pokok yang konstan adalah waktu yang diperlukan untuk meluncurkan program ini.

Ingat, temuan kami tidak menceritakan keseluruhan cerita tentang bagaimana kinerja hard disk untuk semua aplikasi kreatif. Bergantung pada kerumitan pekerjaan Anda dan jumlah elemen dalam sebuah adegan, perangkat lunak Anda mungkin perlu memuat model 3D, file audio, elemen fisik, dan banyak lagi; dengan kata lain, lebih dari sekedar program. Namun, ini masih merupakan makanan yang menarik bagi orang-orang yang hidup dan bernafas dengan aplikasi Adobe ini.

Uji salin (jejak PCMark 10)

Akhirnya di PCMark 10, kami melaporkan jejak PCMark 10 yang mensimulasikan tindakan menyalin file. Meskipun angka-angka ini pada awalnya mungkin tampak rendah dibandingkan dengan angka throughput berurutan langsung yang diperoleh di benchmark seperti Crystal DiskMark dan AS-SSD (di bawah), hal ini disebabkan cara skor ini dihitung dan sifat serta perbedaan antara data. Jika Anda secara teratur memindahkan file di drive dari satu folder ke folder lain, tes ini adalah ukuran yang berguna untuk throughput relatif.

Crystal Disk Mark 6

Selain PCMark 10, kami juga menggunakan utilitas Crystal DiskMark yang terhormat untuk opini kedua tentang throughput. Tes baca sekuensial Crystal DiskMark mengukur aktivitas baca / tulis dengan data yang ditulis dalam blok besar yang berdekatan pada drive, yang serupa dengan cara produsen sendiri menguji drive untuk mengiklankan kinerjanya. Tes ini adalah skenario “terbaik” untuk transfer file.

Kami juga menggunakan tes 4K Crystal DiskMark untuk mengukur pembacaan/penulisan acak, yang mencerminkan aktivitas data di mana drive mengambil dan menulis file yang jarang dan potongan file ke drive. Ini sebagian besar hanya digunakan sebagai pemeriksaan realitas terhadap kekayaan data baca 4K yang dipilih dari trek PCMark 10.

AS-SSD

AS-SSD adalah utilitas populer yang dirancang khusus untuk menguji SSD. Kami menggunakan tes penyalinan unik AS-SSD untuk mensimulasikan pemindahan berbagai jenis file pada drive. Ini mirip dengan tes drag-and-drop folder yang kami gunakan untuk drive eksternal (rinci di bawah), tetapi lebih komprehensif karena AS-SSD menawarkan tiga tes transfer yang berbeda: folder contoh instalasi game, folder program, dan satu file ISO besar.

Dalam pengujian ini, AS-SSD membuat salinan file yang ditentukan ke folder lain di drive uji. Ini penting karena beberapa drive menangani file tunggal yang besar (seperti ISO) lebih baik daripada grup file yang lebih kecil (seperti folder instalasi game).

Tolok ukur: SSD eksternal

Sebagaimana dicatat, selama pengujian kami menghubungkan SSD eksternal ke port USB 3.2 Gen 2 asli di bangku pengujian Windows 10 utama kami dan kemudian (jika berlaku) ke port Thunderbolt 3 / USB Type-C pada MacBook Pro pengujian kami. Dengan mesin Windows 10, kami akan menyebutkan jika drive dicolokkan ke port USB 3.2 Gen 2×2 kartu ekspansi di bangku tes Windows 10 kami.

Patokan unit data PCMark 10

Kami belum selesai dengan PCMark 10! Data Drive Benchmark adalah pengujian yang solid untuk dijalankan pada drive apa pun yang ingin Anda gunakan sebagai penyimpanan data atau drive cadangan dan biasanya membutuhkan waktu antara 10 dan 30 menit untuk dijalankan, tergantung pada jenis drive dan standar koneksi.

Seperti pengujian Penyimpanan PCMark 10, ia melakukan serangkaian aktivitas berbasis pelacakan untuk mensimulasikan aktivitas hard disk harian biasa untuk hard disk sekunder. Nomor kepemilikan yang dilaporkan hanya berguna jika dibandingkan dengan hasil PCMark 10 unit lain.

Crystal Disk Mark 6

Untuk SSD eksternal, kami menjalankan pengujian Crystal DiskMark 6 dengan parameter yang sama dengan drive internal di atas (baca/tulis berurutan dan baca/tulis 4K).

Tes kecepatan disk BlackMagic

Dengan ini dan pengujian berikutnya, kami memindahkan drive, jika kompatibel, ke platform penguji Apple MacBook Pro kami dan memformat ulang ke exFAT. Kami menggunakan aplikasi BlackMagic Disk Speed ​​​​Test khusus macOS dari perusahaan perangkat lunak multimedia profesional BlackMagic Design (pembuat DaVinci Resolve) untuk menjalankan tes ini. Melaporkan throughput satu unit dalam bit per detik. Utilitas ini biasanya digunakan untuk menentukan apakah drive tertentu memiliki throughput yang cukup untuk memutar format video tertentu dengan lancar. Tetapi juga mengembalikan beberapa pengukuran throughput yang berguna.

Check Also

Gambar Cara Memindai Foto Lama Dengan Ponsel Anda

Cara Memindai Foto Lama Dengan Ponsel Anda

Jika Anda memiliki banyak koleksi foto cetakan lama, Anda dapat memindainya menggunakan pemindai yang terhubung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *