Cara Meningkatkan Jangkauan, Kecepatan, dan Konektivitas WiFi

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada memiliki kecepatan internet yang lambat dan tidak konsisten meskipun menghabiskan banyak uang untuk koneksi WiFi yang bagus. Sekarang, ada beberapa alasan di balik konektivitas router yang buruk. Pada artikel ini, kami menawarkan beberapa cara sederhana untuk meningkatkan jangkauan, kecepatan, dan konektivitas WiFi.

Cara meningkatkan jangkauan WiFi, kecepatan, dan konektivitas WiFi

1. Pilih tempat yang bagus untuk router

Sinyal dari router dapat dengan mudah terganggu oleh rintangan terdekat, termasuk dinding, peralatan, dan objek lainnya. Secara khusus, perangkat elektronik seperti microwave, lemari es, dan benda logam dan reflektif lainnya cenderung memblokir sinyal WiFi.

Untuk jangkauan jaringan terbaik, coba tempatkan di lokasi sentral untuk memastikan ruang terbuka tanpa alat berat atau perangkat elektronik tergeletak di sekitarnya. Penempatan menjadi lebih penting ketika Anda tidak memiliki koneksi kabel dari penyedia.

2. Beralih ke frekuensi yang lebih baik

Jika Anda memiliki router dual band, Anda dapat dengan mudah beralih antara frekuensi operasi 2.4GHz dan 5GHz sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai permulaan, 5GHz menawarkan kecepatan data yang lebih tinggi daripada yang sebelumnya dan mengalami gangguan yang lebih sedikit dari jaringan dan perangkat nirkabel lainnya. Tetapi sekali lagi, ia memiliki jangkauan yang lebih pendek karena frekuensi yang lebih tinggi tidak dapat menembus benda padat seperti dinding dan lantai.

Jadi jika Anda bekerja di ruang terbatas, coba ubah frekuensi router menjadi 5 GHz, hal yang sama dapat dilakukan dengan masuk ke panel admin router. Namun, jika jangkauan adalah prioritas Anda, tetap gunakan opsi 2,4 GHz default.

3. Dapatkan repeater atau extender WiFi

Pilihan lainnya adalah mendapatkan repeater atau extender WiFi untuk meningkatkan kekuatan jaringan. Ini pada dasarnya mengambil sinyal yang ada dari router dan mengubahnya kembali, sehingga meningkatkan jangkauan jaringan di area terbatas.

Ini umumnya tersedia sebagai perangkat plug and play dan dapat meningkatkan tidak hanya jangkauan tetapi juga waktu respons atau latensi WiFi. Jika Anda tinggal di tempat dengan terlalu banyak dinding dan rintangan, repeater WiFi yang baik pasti akan membantu Anda dengan penerimaan yang buruk.

Either way, jika Anda siap untuk menghabiskan lebih banyak, Anda akan ingin meng-upgrade ke sistem Wi-Fi berbasis mesh di mana beberapa node dapat didistribusikan ke seluruh rumah Anda untuk konektivitas yang lebih baik.

4. Beralih ke antena yang lebih baik

Sebagian besar router tersedia dengan antena kecil dengan penguatan sekitar 4-5dBi. Meskipun ini cukup baik, antena yang lebih baik akan secara signifikan membantu Anda meningkatkan jangkauan jaringan secara keseluruhan.

Anda dapat mengganti antena yang ada dengan antena omnidirectional / directional yang lebih kuat atau menambahkannya sebagai aksesori jika router Anda mengizinkannya. Banyak produsen menyediakan jack tambahan untuk menyambungkannya, tetapi mereka mengkonfirmasi hal yang sama di manual produk.

Sebelum membeli antena apa pun, periksa standar dan kompatibilitas jaringan router Anda. Juga, pastikan Anda mendapatkan antena dengan gain yang lebih tinggi dari antena Anda saat ini, misalnya jika antena Anda dinilai pada 4-5dBi, pergi ke 10dBi akan membuat perbedaan besar.

5. Selalu perbarui router

Seperti komputer, router juga membutuhkan firmware untuk berfungsi. Dan selalu disarankan untuk memperbaruinya secara teratur untuk memastikan kinerja yang lancar dan meningkatkan keamanan dan konektivitas.

Jika Anda mengalami masalah atau masalah aneh dengan router Anda akhir-akhir ini, buka panel admin Anda dan ikuti instruksi pabriknya untuk memulai pembaruan firmware.

6. Mulai ulang / Setel ulang router

Terkadang, reboot sederhana dapat memperbaiki bug atau masalah yang tidak biasa dan meningkatkan kecepatan WiFi. Jika tidak, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengatur ulang router ke pengaturan pabrik.

Ini sangat disarankan jika Anda menghadapi masalah jaringan atau tidak mendapatkan kecepatan yang Anda butuhkan setelah memperbarui internet. Perhatikan bahwa mengatur ulang router akan menghapus semua pengaturan jaringan saat ini, termasuk SSID dan kata sandi jaringan, jadi catat ini.

Kesimpulan

Jadi ini adalah beberapa cara dasar untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan jaringan WiFi Anda dengan margin yang baik. Perlu diingat bahwa jika Anda memiliki router lama yang menggunakan standar 802.11b atau 802.11g, menggantinya dengan router baru pasti akan meningkatkan kecepatan Wi-Fi dan jangkauan konektivitas Anda.

Apa pun itu, beri tahu kami metode mana yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan, silakan gunakan bagian komentar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button