Cara Menjadwalkan Dark Mode di Android

Kita semua pernah ke sana. Ini sudah larut malam; Anda membuka telepon dan Anda dibutakan oleh cahaya putih yang intens. Bahkan dengan kecerahan yang disesuaikan, cahaya putih dari UI konvensional ponsel bisa terlalu banyak untuk ditangani oleh mata Anda. Untungnya, Dark Mode ada di sini untuk menyelamatkan hari.

Dark Mode dirancang untuk mengurangi jumlah cahaya yang dipancarkan dari layar ponsel sambil mempertahankan keterbacaan teks yang baik. Selain membuat layar ponsel lebih nyaman digunakan dalam kondisi minim cahaya, juga dapat membantu menghemat daya tahan baterai dan mengurangi silau.

Cara mengatur jadwal Dark Mode khusus di Android

Meskipun Dark Mode pada awalnya dimaksudkan untuk digunakan pada malam hari dan dalam kondisi cahaya rendah, ia memiliki basis penggemar setia yang memilih untuk menggunakannya sepanjang waktu. Cukup mudah untuk mengaktifkan Dark Mode secara permanen jika Anda lebih suka estetikanya di siang hari, tetapi juga memungkinkan untuk mengatur jadwal Dark Mode di ponsel Anda jika Anda lebih suka itu hanya menyala pada waktu-waktu tertentu.

Dengan mengaktifkan Dark Mode di ponsel Anda dan mengaturnya ke jadwal khusus, ponsel Anda akan secara otomatis beralih ke Dark Mode selama jam yang Anda pilih. Ini bisa sangat berguna jika jadwal matahari terbenam hingga matahari terbit tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut cara mengatur jadwal Dark Mode kustom di ponsel Android.

  1. Buka pengaturan ponsel Anda dan temukan bagian Display.
  2. Buka pengaturan tampilan lalu pilih Dark Mode atau Dark theme.
  3. Dari sini, Anda akan memiliki opsi untuk mengaktifkan Dark Mode secara permanen atau mengatur jadwal Dark Mode.
  4. Untuk mengatur jadwal Dark Mode, pilih Schedule atau Turn on as scheduled.
  5. Di sini, ada opsi untuk menjadwalkan Dark Mode pada waktu khusus.
  6. Untuk mengatur waktu khusus, cukup masukkan waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan Dark Mode dan waktu yang Anda inginkan untuk mematikannya.

Cara Mengatur Mode Gelap agar Aktif Setelah Matahari Terbenam?

Saat musim berubah, jam malam bisa sangat bervariasi. Untuk memastikan Dark Mode selalu diaktifkan pada malam hari, Anda mungkin ingin menggunakan jadwal Dark Mode dari senja hingga fajar.

Berikut cara mengaktifkan jadwal dark mode dari senja hingga fajar.

  1. Pastikan layanan lokasi Anda aktif.
  2. Buka pengaturan perangkat Anda dan temukan bagian Display.
  3. Buka pengaturan tampilan lalu pilih Dark Mode atau Dark theme.
  4. Pilih Schedule atau Turn on as scheduled.
  5. Kemudian pilih Sunset to sunrise.

Jadwal Dark Mode dari senja hingga fajar akan secara otomatis mengaktifkan Dark Mode antara waktu matahari terbenam dan matahari terbit dan menyesuaikan waktunya sesuai dengan lokasi dan waktu Anda dalam setahun.

Agar jadwal matahari terbenam hingga matahari terbit berfungsi di ponsel Android Anda, Anda harus mengaktifkan lokasi Anda. Lokasi Anda memungkinkan ponsel Anda melacak waktu matahari terbit dan terbenam di area Anda dan membantu menyesuaikan jadwal Dark Mode yang sesuai.

Mengelola Ponsel Anda di Malam Hari

Mengatur jadwal Dark Mode di ponsel Anda hanyalah salah satu cara untuk meningkatkan kegunaannya di malam hari atau dalam kondisi cahaya redup. Untuk mengurangi ketegangan mata dan mencegah ponsel Anda mengganggu tidur Anda, Anda mungkin juga ingin mengaktifkan filter cahaya biru. Seperti Dark Mode, Anda dapat mengaktifkan filter cahaya biru di ponsel Anda secara permanen atau mengaturnya ke jadwal khusus.

Jika Anda mendapati bahwa ponsel Anda secara teratur mengganggu tidur, alihkan ke mode senyap atau, lebih baik lagi, coba letakkan ponsel Anda di ruangan lain saat Anda pergi tidur. Tidur yang cukup di malam hari sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda dan tidak boleh diabaikan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button