Cara Menjadwalkan Email di Gmail

Apakah Anda seorang night owl yang mengontak email demi email hingga dini hari? Mungkin Anda bangun dari tempat tidur pada jam 5 pagi dan mulai mengirim SMS ke anggota tim, atau menghabiskan Minggu malam untuk mengambil email sebelum minggu dimulai.

Ini bagus untukmu. Tapi mungkin ada beberapa orang di tim Anda yang lebih suka tidak berurusan dengan email lembur. Bahkan jika Anda mengatakan sesuatu dapat menunggu sampai pagi, banyak yang merasa terdorong untuk segera merespons.

Untungnya, Google memungkinkan Anda untuk menjadwalkan email di Gmail, sehingga Anda dapat mencoret hal-hal dari daftar tugas Anda tanpa mengganggu rekan kerja Anda di luar jam kerja normal. Berikut cara menjadwalkan email di Gmail. Prosesnya bekerja hampir sama di web dan di aplikasi seluler iOS dan Android.

Jadwalkan email

Langkah pertama yang jelas adalah membuat email yang perlu Anda kirim. Setelah email mencantumkan penerima, pesan dapat dijadwalkan. Anda akan melihat bahwa ada menu tarik-turun di sebelah tombol Kirim di bagian bawah jendela email. Klik dan pilih Jadwal Pengiriman. Pengguna seluler dapat mengakses opsi ini di menu tiga titik.

Jika tidak ada yang berhasil, pilih Pilih tanggal dan waktu sehingga Anda dapat memilih tanggal tertentu di kalender. Anda dapat menentukan waktu yang tepat dan bahkan menjadwalkannya untuk tahun yang berbeda.

Lihat dan hapus email terjadwal

Setelah Anda memilih waktu dan tanggal, email akan segera dijadwalkan. Folder Terjadwal baru akan terlihat di Gmail, menunjukkan berapa banyak email terjadwal yang Anda tunggu. Buka folder ini untuk melihat semua email terjadwal Anda dengan tanggal yang menunjukkan kapan akan dikirim.

Jika Anda perlu segera membatalkan email terjadwal, Gmail menampilkan pesan pop-up yang memungkinkan Anda membatalkan email terjadwal tepat setelah jadwal. Klik Batal dan pesan akan kembali ke konsep.

Jika tidak, buka folder Terjadwal, arahkan kursor ke email yang dimaksud dan klik ikon tempat sampah untuk menghapus email. Untuk mengedit pesan dan menjadwal ulang, buka email dan klik Batalkan untuk menyusun ulang.

Pengguna seluler juga dapat menekan lama pada email yang dimaksud dan mengetuk panah X untuk membatalkan dan mengirim draf (pengguna iOS juga dapat menekan ikon tempat sampah untuk menghapus).

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button