Gambar Laptopmu Bermasalah? Cara Menghapus Instalasi Pembaruan Windows 10

Laptopmu Bermasalah? Cara Menghapus Instalasi Pembaruan Windows 10

Pembaruan Windows sering membawa perbaikan bug, patch keamanan, dan fitur baru ke PC Anda, tetapi mereka juga dapat menjadi bumerang, memperkenalkan masalah seperti penurunan kinerja atau bahkan kehilangan data yang menyebabkan kepanikan. Jika Anda melihat ada keanehan setelah menginstal pembaruan, Anda dapat memutarnya kembali untuk mencoba membuat semuanya berfungsi kembali.

Ada dua jenis utama pembaruan Windows: pembaruan kualitas dan pembaruan fitur. Pembaruan berkualitas termasuk patch keamanan, perbaikan bug, dan perubahan kecil lainnya dalam “Pembaruan Kumulatif” reguler yang akan Anda lihat di halaman Pembaruan Windows di Pengaturan. Pembaruan fitur lebih besar dan tiba setiap enam bulan atau lebih, dikemas dengan fitur baru dan perubahan besar. Masing-masing dapat dipulihkan dengan metode yang berbeda.

Cara menghapus pembaruan kualitas
Jika pembaruan Windows yang lebih kecil menyebabkan perilaku aneh atau merusak salah satu periferal Anda, mencopot pemasangannya seharusnya cukup sederhana. Bahkan jika komputer Anda boot dengan baik, saya biasanya merekomendasikan boot dalam mode aman sebelum menghapus pembaruan, hanya untuk berada di sisi yang aman.

Buka menu Start, klik tombol power, lalu tahan Shift saat Anda menekan Restart, yang akan menampilkan menu pemulihan Windows saat komputer Anda restart. (Jika Windows tidak bisa boot sama sekali, Anda dapat menahan tombol daya saat komputer Anda mulai membuka menu pemulihan saat Anda menyalakannya lagi.)

Di menu pemulihan, buka Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart. Setelah komputer Anda restart, Anda akan disajikan dengan daftar opsi dan dapat menekan angka 3 pada keyboard Anda untuk masuk ke Safe Mode.

Setelah Anda berada dalam Safe Mode, buka Settings > Update & Security > View Update History dan klik tautan Uninstall Updates di bagian atas. Windows akan memberi Anda daftar pembaruan yang baru saja diinstal, lengkap dengan tautan ke deskripsi lebih rinci dari setiap tambalan bersama dengan tanggal pemasangan.

Jika Anda dapat mengingat kapan masalah Anda terjadi, tanggal penginstalan tersebut akan membantu Anda menentukan pembaruan mana yang akan dihapus. Pilih pembaruan yang dimaksud, lalu klik tombol Copot pemasangan yang muncul di atas daftar. Ini akan memakan waktu beberapa saat, tetapi setelah selesai, Anda dapat melihat apakah masalah Anda tetap ada.

Perhatikan bahwa setelah pembaruan dihapus, pembaruan akan mencoba menginstal sendiri lagi saat berikutnya Anda memeriksa pembaruan, jadi saya sarankan Anda menjeda pembaruan hingga masalah teratasi.

Jika tombol uninstall tidak muncul di layar ini, patch tersebut mungkin permanen, artinya Windows tidak ingin Anda menghapusnya. Saya telah mendengar cerita tentang cheat yang tidak didukung untuk mengatasi masalah ini, tetapi saya belum menguji diri saya sendiri. Sebaliknya, Microsoft merekomendasikan menggunakan Pemulihan Sistem atau cadangan sistem untuk memulihkan komputer Anda ke keadaan sebelumnya. (Anda punya cadangan, kan?)

Cara menghapus pembaruan fitur Windows 10
Pembaruan kualitas yang lebih kecil secara teratur tiba di PC Anda, tetapi pembaruan fitur Windows 10 berbeda. Dua kali setahun, Windows akan meminta Anda untuk mengunduh salah satu versi utama ini, seperti pembaruan Mei 2020. Microsoft mencoba menghindari masalah dengan menguji pembaruan ini pada banyak konfigurasi perangkat keras yang berbeda dan menerapkannya hanya setelah konfigurasi dianggap memadai. Namun, masalah memang terjadi, jadi Windows menawarkan opsi rollback.

Ada masalah: Anda hanya dapat menghapus pembaruan besar dalam waktu 10 hari setelah penginstalan, jadi ambil tindakan cepat jika menurut Anda pembaruan mungkin telah merusak sistem Anda. Setelah 10 hari, Microsoft menghapus file lama untuk mengosongkan ruang hard drive dan tidak dapat lagi dibatalkan.

Untuk menghapus instalan pembaruan fitur, buka Settings > Update & Security > Recovery dan gulir ke bawah ke Go Back to the Previous Version of Windows 10. Klik Get Started untuk memulai proses pencopotan pemasangan. Jika tombol berwarna abu-abu, ada kemungkinan 10 hari Anda telah kedaluwarsa atau Anda telah menghapus file lama dengan Disk Cleanup dan tidak dapat lagi dibatalkan. Jika Anda memiliki cadangan sistem, sekaranglah saatnya untuk menggunakannya.

Jika komputer Anda tidak bisa boot ke Windows sama sekali
Jika, setelah menginstal pembaruan, Anda bahkan tidak dapat memulai Windows untuk mengikuti petunjuk di atas, bahkan melalui Safe Mode, Windows akan secara otomatis mencoba untuk memutar kembali. Namun, jika gagal, Anda memiliki satu opsi terakhir (sebelum memulihkan dari cadangan yang pasti Anda miliki).

Tekan dan tahan tombol daya saat komputer Anda mulai mematikannya, lalu hidupkan kembali. Ini akan membawa Anda ke opsi pemulihan Windows, sama seperti saat Anda boot ke mode aman. Kali ini, buka Troubleshoot > Advanced Options dan pilih Uninstall Updates. Ini akan memberi Anda opsi untuk menghapus pembaruan kualitas terbaru atau pembaruan fitur terbaru, yang diharapkan memungkinkan Anda untuk me-restart Windows dengan aman.

Itu tidak memberi Anda daftar pembaruan terkini seperti yang dilakukan Panel Kontrol Windows, jadi kami tetap menyarankan Anda mencoba langkah-langkah di bagian sebelumnya jika Anda bisa. Namun, jika semuanya gagal, opsi pemulihan ini adalah pilihan terakhir.

Check Also

Gambar Bagaimana Kami Menguji SSD

Bagaimana Kami Menguji SSD

Memutakhirkan desktop atau laptop Anda ke solusi penyimpanan yang solid, apakah itu drive 2,5 inci …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *