Review Asus ROG Flow X13: Laptop Berkinerja Tinggi Diciptakan Kembali

Jika Anda memperhatikan pasar laptop kelas atas, Anda akan tahu bahwa ada dua jenis perangkat utama. Satu terdiri dari notebook tipis dan ringan dengan kinerja yang terganggu dan laptop gaming besar yang tidak berkompromi pada kinerja tetapi sulit untuk dibawa dan dengan masa pakai baterai yang terganggu.

Ya, laptop berperforma tinggi semakin tipis setiap tahun. Namun, mereka tidak setipis ultrabook seperti HP Spectre x360 atau Dell XPS 13. Asus kini telah menciptakan ROG Flow X13, laptop berperforma tinggi satu-satunya yang tipis dan ringan.

Saya telah menguji Asus ROG Flow X13 yang ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 5900HS dan GPU NVIDIA GTX 1650 selama beberapa minggu, dan berikut adalah ulasan lengkap dari laptop sejenis ini. Ini memiliki GPU khusus dan Anda dapat membuatnya lebih kuat dengan GPU eksternal. Mari kita masuk ke detailnya.

Spesifikasi Asus ROG Flow X13

  1. CPU: AMD Ryzen 9 5900HS
  2. Layar: IPS 13,4 inci 3840 x 2400, 60Hz (sentuh)
  3. GPU: NVIDIA GTX 1650 Max-Q
  4. Memori: 16GB LPDDR4x
  5. Memori: 512GB PCIe Gen3 SSD
  6. Baterai: hingga 10 jam (dinyatakan)
  7. Sistem operasi: Microsoft Windows 10 64-bit

Desain Asus ROG Flow X13: Transformatif

Asus ROG Flow X13 memiliki bobot 1,3kg, yang mungkin terasa agak berat dibandingkan dengan laptop tipis dan ringan lainnya dari Dell atau HP. Namun, perlu diingat bahwa Flow X13 memiliki kartu grafis terintegrasi (GTX 1650 Max-Q) sementara kebanyakan laptop di kelas ini mengemas GPU terintegrasi, yang jauh dari penawaran GTX 1650.

Ini adalah laptop 2-in-1, karena perangkat ini memiliki engsel putar 360 derajat, yang berarti Asus ROG Flow X13 dapat digunakan sebagai tablet atau laptop. Selain itu, laptop ini juga menawarkan port USB-A berukuran penuh, port USB Type-C dengan dukungan pengisian USB-PD, port HDMI berukuran penuh, jack headphone 3,5mm, dan antarmuka.mobile ROG XG .

Antarmuka seluler ROG XG adalah port yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan GPU eksternal, yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja mesin ini. Kartu grafis eksternal dapat dibeli secara terpisah, yang berarti Anda hanya dapat membeli laptop dan membeli kartu grafis tambahan nanti.

Sasis Asus ROG Flow X13 terbuat dari logam dan plastik, yang membantu merek menjaga bobot di bawah 1,3kg. Tidak hanya itu, merek tersebut bahkan tidak berkompromi pada opsi konektivitas. Selanjutnya, ini adalah laptop bertenaga AMD-CPU yang menawarkan konektivitas Thunderbolt 3 untuk menawarkan transmisi data yang lebih baik antara laptop dan GPU eksternal.

Asus melakukan pekerjaan R&D yang baik untuk merancang laptop ini, yang menjadikannya salah satu laptop tipis dan ringan paling praktis yang tidak menghambat kinerja mesin hanya dengan menjadi tipis dan ringan. Ini jelas merupakan laptop yang dirancang dengan baik yang tidak kalah dalam kepraktisannya.

Tampilan Asus ROG Flow X13: Warna layar resolusi tinggi yang akurat

Fitur lain yang tidak dikompromikan Asus pada ROG Flow X13 adalah tampilan. Perusahaan tidak hanya menawarkan layar 13,4 inci yang akurat warna, tetapi juga panel 4K dengan resolusi asli 3840 x 2400p dengan rasio aspek 16:10, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

Beberapa fitur tampilan lain yang harus dimiliki ROG Flow X13 termasuk Pentonecolor yang divalidasi dengan cakupan 116% sRGB dan cakupan 86 dan 85%, AdobeRGB dan DCI-P3. Sederhananya, layar WQUXGA resolusi tinggi pada ROG Flow X13 tidak mengurangi akurasi warna dan dapat digunakan untuk pengguna profesional sebagai editor foto dan video.

Seperti hampir semua laptop dengan layar 4K, kecepatan refresh ROG Flow X13 terkunci hingga 60Hz, yang bisa mengecewakan bagi para gamer. Namun, ini adalah laptop yang dimaksudkan untuk lebih dari sekadar bermain game dan kompromi ini harus dilakukan. Jika Anda seorang gamer FPS hard-core, ada banyak laptop di kisaran harga ini yang menawarkan resolusi 1080 / 1440p dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi.

Saya telah menonton video, film, dan bahkan menghadiri beberapa konferensi video dan kagum dengan layar ROG Flow X13. Sekali lagi, Anda juga dapat bermain game di mesin ini, pastikan untuk mengatur resolusi ke 1080 / 1440p untuk sesi permainan yang menyenangkan dengan lebih dari 60fps.

Secara keseluruhan, laptop ini memiliki tampilan yang bagus, terutama dengan dukungan sentuh, yang menawarkan lebih banyak opsi kepada pengguna. Jika Anda adalah orang yang rutin menggunakan tablet bersama laptop, ROG Flow X13 pasti bisa menggantikan tablet Anda.

Keyboard, suara, dan trackpad Asus ROG Flow X13L

Keyboard dan ROG Flow X13 sangat taktil dan menawarkan perjalanan tombol yang bagus, di mana hampir jatuh seperti keyboard dari laptop gaming. Selain itu, keyboardnya memiliki lampu latar, meskipun itu adalah satu warna, yang akan mengesankan pengunjung kantor. Terakhir, keyboard memiliki fitur seperti rollover N-Key, yang memastikan bahwa setiap klik tombol direkam, yang berguna selama permainan, yang dapat melibatkan penekanan tombol berulang.

Laptop kecil ini memiliki beberapa speaker yang mengesankan. Tidak hanya menjadi keras, mereka juga menawarkan output audio yang jernih dengan dukungan untuk Dolby Atmos. Jadi, terlepas dari apakah Anda menggunakan headset atau speaker internal, ROG Flow X13 akan memukau Anda saat Anda mendengarkan musik, menonton film / video, dan bahkan bermain game, menghadirkan pengalaman suara yang nyata.

Last but not least, trackpad juga berfungsi seperti yang diharapkan untuk sebagian besar kasus penggunaan. Jika Anda seorang gamer, maka Anda sudah tahu bahwa Anda perlu mendapatkan mouse eksternal dan perangkat ini memiliki port USB-A untuk itu.

Kinerja Asus ROG Flow X13: Bersinar dari dalam

Asus ROG Flow X13 adalah salah satu laptop pertama di negara ini, ditenagai oleh prosesor seluler AMD Ryzen 5000. Tepatnya, laptop ini didasarkan pada CPU Ryzen 9 5900HS, yang menawarkan delapan inti CPU dan enam belas utas CPU dengan clock boost kecepatan maksimum 4,6 GHz.

CPU dibangun di atas prosesor FinFET 7nm, yang membuatnya hemat energi. CPU berbasis arsitektur Zen3 ini dilengkapi dengan TDP 35W dan menawarkan kinerja luar biasa pada aplikasi yang menggunakan kinerja CPU single-core atau multi-core. Drive yang saya ulas hadir dengan RAM LPDDR4x 16GB dan SSD PCIe 512GB, yang membantu kecepatan sistem operasi untuk boot dan kecepatan membuka aplikasi tanpa kerumitan.

GPU GTX 1650 terintegrasi adalah kartu grafis khusus entry-level dengan memori video 4GB, yang mampu menangani sebagian besar game pada 1080p dengan sekitar 60fps. Sekali lagi, jika Anda menginginkan kinerja grafis yang lebih baik, Anda selalu dapat menghubungkan GPU eksternal hingga NVIDIA RTX 3080, yang bahkan dapat menangani game resolusi 4K.

Datang ke benchmark, ROG Flow X13 mencatat 1477 poin pada single-core dan 7675 poin pada kinerja CPU multi-core. Untuk memberi Anda beberapa konteks, Ryzen 9 5900HS jauh mengungguli Intel Core i7-11370H Generasi ke-11 dalam kinerja single-core dan multi-core.

Pada CPU-Z, ROG Flow X13 mencatat 620,2 poin pada kinerja CPU single-core dan 5586,4 poin. Terakhir, pada Cinebench R23, laptop ini masing-masing mencetak 1459 dan 10214 poin dalam tes rendering CPU single-core dan multi-core. Angka-angka ini hanya menegaskan kembali fakta bahwa Ryzen 9 5900HS dapat menawarkan kinerja yang serupa dengan prosesor Intel Tiger Lake H-series generasi ke-11.

Kembali ke performa gaming, GTX 1650 menghadirkan 60-70fps yang solid pada GTA: 5 pada pengaturan grafis default, meskipun pada 1080p. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang dapat Anda harapkan dari kartu grafis terintegrasi pada ROG Flow X13. Sekali lagi, Anda selalu dapat meningkatkan kinerja grafis dengan GPU eksternal.

Saya tidak dapat menguji XG Mobile atau GPU eksterna

USP dari ROG Flow X13 adalah XG Mobile, yang merupakan istilah mewah untuk GPU eksternal. XG Mobile bukan sekadar GPU eksternal, karena dilengkapi dengan beberapa opsi I/O dan juga dapat menyalakan laptop secara langsung, tanpa memerlukan pengisi daya lain.

GPU eksternal pasti akan meningkatkan kinerja grafis laptop. Namun, saat ini, tidak ada informasi tentang berapa banyak keuntungan grafis yang ditawarkan dan kerugiannya dengan penggunaan yang berkelanjutan.

Masa pakai baterai Asus ROG Flow X13: di atas rata-rata

Saya tidak berharap banyak pada masa pakai baterai pada laptop dengan GPU khusus, karena kartu grafis biasanya kuat dan kami hanya bisa mendapatkan kinerja maksimal dengan catu daya yang terhubung ke mesin. ROG Flow X13 juga tidak mengecewakan dalam masa pakai baterai, karena perangkat ini dapat dengan mudah bertahan lima hingga enam jam dengan penggunaan bebas game terus menerus.

Ini juga merupakan laptop pertama yang kami uji yang dilengkapi dengan adaptor pengisian daya USB-PD Type-C 100W, yang berarti Anda dapat dengan mudah mengisi daya ROG Flow X13 dengan sebagian besar pengisi daya bersertifikat USB Type-C dengan daya terukur. Secara keseluruhan, ROG Flow X13 dapat bertahan hampir satu hari kerja penuh dengan sekali pengisian daya dan mungkin perlu diisi ulang di penghujung hari.

Putusan: berbeda dan praktis

Asus ROG Flow X13 mulai dari Rs. 1.19.990 dan model yang kami ulas dihargai Rs. 1.39.990. Meskipun kami mengesampingkan faktor kebaruan, ROG Flow X13 masih terasa seperti laptop yang menawarkan nilai terbaik untuk uang, mengingat layar 4K berkemampuan komputasi.

Perusahaan tidak mengkompromikan fitur inti dari ROG Flow X13 hanya untuk membuat perangkat ini penting, dan itulah yang menjadikannya perangkat yang bagus untuk hampir semua audiens. Baik itu laptop gaming, laptop untuk rendering video, atau bahkan laptop untuk coding atau mengerjakan tugas kantor biasa, ROG Flo2 X13 melakukan semuanya dengan mudah.

Jika Anda bingung antara laptop gaming dan laptop tipis dan ringan, tidak tahu mana yang harus dipilih, tanpa membuat kompromi besar, maka pilihlah Asus ROG Flow X13 dan Anda tidak akan menyesali keputusan Anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button