Gambar Review Asus TUF DASH F15

Review Asus TUF DASH F15: NextGen Laptop Gaming

Asus memiliki sejumlah seri laptop gaming yang ditawarkan dengan berbagai kisaran harga. Tahun ini, perusahaan telah menambahkan model lain ke dalam portofolionya: TUF DASH yang meningkatkan jajaran laptop gaming murah TUF A15 / A17 dan memperkenalkan banyak fitur baru.

Saya telah menguji Asus TUF DASH F15 selama beberapa minggu terakhir, yang hadir dengan prosesor Intel Generasi ke-11 terbaru dan seri RTX 3000 GPU seluler, yang hanya ditawarkan oleh beberapa laptop / komputer pilihan di negara ini dengan harga Rs. 140.990, menjadikannya tawaran yang menarik, dan berikut ulasan lengkap Asus TUF DASH F15.

Spesifikasi Asus TUF DASH F15

  • CPU: Intel Core i7-11370H
  • Layar: 15,5 inci FHD IPS 1920×1080, 240Hz
  • GPU: NVIDIA RTX 3070 Seluler
  • Memori: 16GB DDR4 3200MHz
  • Memori: 1TB PCIe SSD
  • Baterai: 76 WHr
  • Sistem operasi: Microsoft Windows 10 64-bit

Desain Laptop Gaming Asus TUF DASH F15: bagian logam, bagian plastik

Perusahaan telah memilih bahan dengan bijak untuk Laptop Gaming Asus TUF DASH F15, karena penutup atas laptop terbuat dari logam, sedangkan bagian lainnya terbuat dari plastik, plastik keras berkualitas tinggi, tidak seperti TUF. A15 tahun 2020.

Tahun lalu, ketika saya meninjau TUF A15, saya mengeluhkan kualitas build yang buruk, di mana bagian-bagian laptop terasa tipis, tetapi tidak demikian dengan Laptop Gaming Asus TUF DASH F15 sama sekali. Mesin ini terlihat kokoh dan tentunya mesin yang bagus untuk mereka yang menginginkan laptop gaming tanpa performa yang baik.

Bahkan untuk I/O, laptop ini memiliki banyak port, termasuk tiga port USB Type-A berukuran penuh, satu port USB Type-C dengan dukungan pengisian daya PD, satu port HDMI berukuran penuh, satu port RJ54, dan satu porta Soket headphone 3,5 mm. Ini adalah salah satu dari sedikit laptop gaming kelas atas, yang mampu mendukung pengisian daya USB PD hingga 100W, yang merupakan pilihan bagus bagi mereka yang sedang bepergian dan tidak ingin membawa pengisi daya yang besar.

Karena ini adalah laptop 15 inci, ia menawarkan ruang yang cukup untuk telapak tangan saat mengikat dan juga memiliki tiga tombol LEF, yang menunjukkan kondisi baterai. Tidak ada slot kartu microSD pada TUF DASH F15 dan tidak ada dukungan untuk otentikasi biometrik, yang merupakan beberapa kelemahan perangkat ini.

Tampilan Laptop Gaming Asus TUF DASH F15: Panel IPS yang cerah dan hidup

Laptop gaming Asus TUF DASH F15 memiliki layar IPS LCD 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080p. Layar memiliki bezel tipis di tiga sisi dan tidak ada webcam di bagian atas, yang disayangkan. Ini adalah panel kecepatan refresh tinggi, yang menawarkan kecepatan refresh 240Hz dengan waktu respons 3 ms dan juga mencakup ruang warna 100% sRGB, menjadikannya panel warna yang akurat.

Panel 8-bit ini menjadi cukup terang dan jelas merupakan panel yang akurat warna, yang bagus untuk dilihat pada laptop di segmen ini. Selain game, saya juga menikmati tampilan ini sambil menonton IPL dan beberapa film dan serial web yang baru dirilis di platform seperti Prime Video dan Netflix.

Berbicara tentang aspek game, ada beberapa game seperti Missile Championship yang dapat menawarkan gameplay 240fps di laptop gaming Asus TUF DASH F15. Sebagian besar game yang kami mainkan di Asus TUF DASH F15 menawarkan lebih dari 90fps bahkan pada pengaturan grafis tertinggi, yang pasti bagus untuk laptop dengan harga kurang dari Rs. 1.50.000.

Keyboard dan trackpad laptop gaming Asus TUF DASH F15

Laptop Gaming Asus TUF DASH F15 memiliki keyboard yang sangat baik dengan jumlah ruang yang baik di antara setiap tombol. Keyboard ini tidak memiliki keypad numerik khusus, yang tidak menjadi masalah bagi saya. Namun, jika Anda juga mempertimbangkan laptop ini untuk pekerjaan Anda, yang melibatkan pengetikan banyak angka, maka yang terbaik adalah berinvestasi pada keyboard eksternal.

Ini adalah keyboard dengan lampu latar (satu warna dan tidak ada RGB mewah di sini), dan tombol WASD memiliki tampilan transparan, yang semakin menyempurnakan tampilan keseluruhan laptop ini. Pilihan desain ini juga membuktikan bahwa Asus TUF DASH F15 adalah laptop gaming yang dirancang untuk para gamer.

Laptop ini juga memiliki trackpad besar yang dapat melacak pergerakan secara akurat. Namun, ketika menguji laptop ini, saya selalu menggunakan mouse kabel eksternal, karena hampir tidak mungkin untuk memainkan game seperti GTA: V atau bahkan Cyberpunk 2077 terbaru tanpa mouse yang tepat. Tidak masalah apakah itu untuk bekerja atau bermain, kombinasi keyboard dan trackpad dari Asus TUF DASH F15 sangat bagus, yang membuat laptop ini juga sempurna untuk penggunaan normal sehari-hari.

Performa CPU laptop gaming Asus TUF DASH F15

Laptop Gaming Asus TUF DASH F15 merupakan salah satu laptop pertama yang diluncurkan di Tanah Air dengan prosesor generasi ke-11 H series. Model ini ditenagai oleh Intel Core i7-11370H, prosesor quad-core delapan utas dengan cache 12MB dan frekuensi turbo boost maksimum 4,8GHz.

Prosesor ini didasarkan pada manufaktur SuperFin 10nm Intel, menjadikannya prosesor konsumsi daya yang lebih rendah daripada prosesor seri-H generasi ke-10 yang dibangun di atas manufaktur 14nm. Prosesor ini dilengkapi dengan TDP hingga 35W, yang dapat dikonfigurasi hingga 28W jika diperlukan. Secara keseluruhan, ia menawarkan efisiensi daya yang jauh lebih baik daripada prosesor seri-H generasi ke-10.

Performa Intel Core i7-11370H tidak jauh berbeda dengan prosesor seperti Core i7-10875H yang merupakan prosesor andalan untuk laptop, Intel Core i7-11370H mengunggulinya dalam performa single-core. Dalam hal kinerja multi-core, Core i7-11370H tidak secepat itu, karena hanya memiliki setengah jumlah core dibandingkan dengan Core i7-10875H 8-core.

Di Geekbench 5, Asus TUF DASH F15 mencetak 1531 poin pada single-core dan 5171 poin pada kinerja multi-core. Pada CPU-Z, perangkat mencetak 551,8 poin pada single-core dan 2874,8 poin pada kinerja CPU multi-core. Akhirnya, laptop ini mencetak 1306 poin dari 6602 poin pada kinerja single-core dan multi-core di Cinebench R23.

Asus TUF DASH F15 menawarkan kinerja single-core yang lebih baik, bahkan dibandingkan dengan perangkat seperti Lenovo Legion 7i, yang merupakan laptop jauh lebih mahal daripada Asus TUF DASH F15. Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki CPU yang sangat bagus, yang dapat menangani semua jenis kebutuhan CPU. Namun, jika beban kerja melibatkan tugas rendering yang berat, lebih baik menggunakan CPU dengan enam atau delapan inti.

Performa GPU untuk laptop gaming Asus TUF DASH F15

Laptop Gaming Asus TUF DASH F15 hadir dengan GPU Mobile NVIDIA RTX 3070, yang merupakan kartu grafis paling kuat kedua untuk sebuah laptop. Ya, RTX 3070 seluler tidak sekuat versi desktop RTX 3070. Namun, karena ini adalah GPU laptop, Anda dapat mengharapkan kinerja yang serupa dengan GPU desktop RTX 3060.

Perhatikan bahwa laptop dilengkapi dengan adaptor daya 200W, yang menunjukkan bahwa kebutuhan daya RTX 3070 telah dikurangi untuk mengurangi TDP keseluruhan dan juga untuk menjaga ukuran dan bentuk laptop tetap terkendali. RTX 3070 dilengkapi dengan memori video GDDR6 8GB, yang seharusnya lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna.

Saya menguji GTA: V pada pengaturan grafis default dan laptop dengan mudah mengirimkan lebih dari 90fps tanpa masalah. Namun, pada Cyberpunk 2077, laptop ini menawarkan rata-rata sekitar 60 fps pada pengaturan ray-traced maksimum pada 1080p. Oleh karena itu, laptop dapat menangani sebagian besar game dengan mudah, menghasilkan setidaknya 60fps tanpa masalah.

Dengan gameplay yang berlanjut, perangkat menjadi terlalu panas (tidak ada yang mengkhawatirkan) dan perangkat menjadi dingin saat disentuh hanya dalam beberapa menit. Secara keseluruhan, Asus TUF DASH F15 adalah mesin game yang sangat mumpuni mulai tahun 2021.

Daya tahan baterai laptop gaming Asus TUF DASH F15

Laptop Gaming Asus TUF DASH F15 hadir dengan daya tahan baterai 76 Whr, yang merupakan baterai berukuran rata-rata. Laptop ini dilengkapi dengan adaptor daya 200W dan juga mendukung pengisian daya USB-PD hingga 100W, memberi Anda dua opsi untuk mengisi daya mesin ini.

Dengan penggunaan reguler, laptop ini menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik sekitar lima hingga enam jam tanpa masalah. Namun, dengan game, perangkat biasanya bertahan sekitar satu jam. Ini juga mengisi daya dengan lambat melalui port USB Type-C, sedangkan 200W dapat mengisi daya baterai dengan cepat.

Jika Anda bermain game, pastikan laptop Anda terhubung ke pengisi daya 200W untuk mendapatkan grafis dan pengalaman bermain game terbaik. Karena ini adalah laptop gaming, saya sangat senang dengan masa pakai baterai secara keseluruhan.

Kesimpulan

Laptop Gaming Asus TUF DASH F15 adalah mesin yang bagus, seharga Rs. 1.40.990. Meskipun ini adalah salah satu laptop bermerek TUF yang lebih mahal, Asus tidak membuat banyak kompromi, sehingga ia menawarkan pengalaman bermain game yang luar biasa, berkat CPU Intel generasi ke-11 dan GPU RTX 3070.

Jika Anda mencari laptop dan menginginkan sesuatu yang menawarkan CPU dan GPU terbaru, kualitas build yang bagus, keyboard yang bagus, dan masa pakai baterai rata-rata, maka Asus TUF DASH F15 jelas merupakan mesin yang hebat. Ya, ia memiliki beberapa kelemahan seperti webcam yang hilang, slot kartu SD yang hilang, dan tidak ada sensor biometrik, tetapi perangkat ini melakukan pekerjaan yang baik dalam menangani semua hal lainnya.

Jika Anda memiliki anggaran sekitar Rs. 1,30.000 hingga Rp. 1.50.000, Asus TUF DASH F15 adalah laptop yang diperhitungkan di India, dan tidak ada yang lebih baik dari itu. Produk ini tersedia melalui toko ritel online dan offline di seluruh negeri.

Check Also

Gambar Review Asus ZenBook Duo UX482

Review Asus ZenBook Duo UX482: Tidak Biasa Dan Menginspirasi

Jika Anda mencari laptop atau smartphone baru, kemungkinan besar hampir semua opsi akan terlihat serupa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *