Gambar Review Asus VivoBook Flip 14

Review Asus VivoBook Flip 14: Laptop Premium Dengan Performa Serba Bisa

Laptop, terutama konvertibel, adalah salah satu perangkat paling praktis untuk para profesional yang bekerja. Baik itu mengerjakan spreadsheet Excel atau menghadiri konferensi video, permintaan akan laptop meningkat selama penguncian. Asus telah bertahan untuk memenuhi permintaan yang berkembang dengan perangkat baru seperti Asus VivoBook Flip 14, laptop konvertibel menjadi bodi yang ringan.

Laptop konvertibel Intel Core i5 Generasi ke-10 tersedia dengan harga Rs. 66.300 di Amazon. Ini memiliki layar FHD 14 inci dan dilengkapi dengan bodi logam dan dapat diaktifkan dalam mode tablet. Selanjutnya, Asus VivoBook Flip 14 hadir dengan stylus siap pakai yang membuatnya berguna untuk menggambar dan menulis. Terlepas dari fitur-fitur yang bermanfaat ini, ada beberapa faktor lain yang dibahas dalam ulasan ini. Di sini, semua pro dan kontra dari VivoBook Flip 14 dirinci untuk memudahkan keputusan pembelian.

Spesifikasi Asus VivoBook Flip 14

  • CPU: Intel Core i5-1135G7 Generasi ke-11
  • GPU: Grafis Intel Iris Xe
  • Memori: 8 GB
  • Memori: 512GB SSD
  • Sistem operasi: Microsoft Windows 10 Home
  • Baterai: 42 Wh
  • Konektivitas: Wi-Fi 6, Bluetooth V5.0

Desain Asus VivoBook Flip 14: laptop ramping dan ringan

Salah satu hal pertama yang Anda perhatikan tentang Asus VivoBook Flip 14 adalah desainnya. Laptop bodi logam perak ini ringan, beratnya hanya 1,5kg agar mudah dipindahkan. Dipasangkan dengan pengisi daya yang ringkas, laptop ini ideal untuk siapa saja yang mencari perangkat yang ringan. Plus, dengan engsel 360 derajat, VivoBook Flip 14 sangat ideal untuk bekerja saat bepergian, di rumah, atau hanya untuk streaming Netflix!

Engsel konvertibel memungkinkan Anda untuk “membalik” laptop dan menggunakannya sebagai tab atau menahannya sebagai tirai. Catatan, ini adalah laptop layar sentuh dan membuat seluruh pengalaman menjadi lebih baik dan lebih lancar. Jika Anda akan menggunakan VivoBook Flip 14 untuk browsing biasa atau konferensi video, Anda tidak memerlukan mouse.

Anda akan menemukan beberapa port pada perangkat, termasuk Thunderbolt 4 USB-C, USB Type-A, USB 2.0, slot HDMI, pembaca kartu microSD, dan DC-in. Selain itu, Anda akan menemukan kunci Kensington di VivoBook Flip 14 untuk mengamankannya.

Detail tampilan Asus VivoBook Flip 14

Asus VivoBook Flip 14 adalah laptop Full HD 14 inci 16:9 dengan layar NanoEdge tanpa bingkai dengan rasio layar-ke-tubuh 82%. Ini memberi laptop sasis yang sangat elegan. Layar juga menawarkan tampilan 178 derajat yang lebar, memberi Anda lebih banyak ruang layar.

Selain itu, tampilan akan berputar secara otomatis saat Anda beralih ke mode tab. Meskipun ini berguna, ada juga kerugiannya. Untuk saat ini, bagian bawah layar naik, memberikan tampilan bezel yang tebal. Jadi jika Anda menonton video dalam mode kartu, bersiaplah untuk melihat bezel yang agak tebal sebagai bagian dari layar.

Asus Pen berjalan seiring dengan convertible

Asus VivoBook Flip 14 hadir dengan Asus Pen yang siap digunakan. Ini adalah gadget yang berguna untuk pembuat konten atau ilustrator. Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat mencoret-coret platform seperti Microsoft Whiteboard atau bahkan Paint! Laptop praktis ini memungkinkan Anda untuk beralih ke mode kartu atau menaikkannya seperti tirai dan coretan!

Plus, layar sentuh membuatnya nyaman untuk semua penggunaan. Namun, penggunaan layar sentuh yang berkepanjangan juga memiliki kelemahan. Saya mulai memperhatikan noda tampilan yang akan saya gunakan berulang kali. Ini sekali lagi akan menghalangi pengalaman menonton apa pun.

Keyboard dan touchpad yang mulus juga layak disebut. Keyboard dengan lampu latar mudah digunakan, seperti yang saya inginkan. Asus menyorot tombol Enter dengan batas kuning yang membuatnya menonjol, memberikan sentuhan akhir yang unik dan premium. Desain serupa bisa ditemukan di perangkat Asus VivoBook lainnya, seperti VivoBook S14. Touchpad, dengan sensor sidik jari internal, juga sangat halus.

Kinerja Asus VivoBook Flip 14: cukup efisien

Untuk performa, Asus VivoBook Flip 14 mengemas beberapa chipset terbaru, menghadirkan performa yang bertenaga. Laptop ini mendapatkan daya dari Intel Core i5-1135G7 generasi ke-11 yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan SSD 512GB. Selain itu, ini termasuk GPU Intel Iris Xe Graphics terintegrasi. CPU memiliki frekuensi dasar 2,40 GHz.

Kami menjalankan beberapa tes benchmark untuk memeriksa skor kinerja. VivoBook Flip 14 mencetak skor 5386 dan 1404 dalam tes multi-core dan single-core di Geekbench. Itu juga mencetak 4920 dan 1341 dalam tes multi-core dan single-core, masing-masing di Cinebench. Tes PC Mark mengungkapkan skor 4631 dan skor CPU-Z mengungkapkan 2619 dan 552.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa Asus VivoBook Flip 14 dapat menangani hampir semua tugas laptop yang dibutuhkan oleh profesional mana pun. Baik itu bekerja di Microsoft Office, menjelajahi web, konferensi video, atau kebutuhan multi-tugas lainnya, semuanya dapat dikelola dengan mudah dari laptop ini. Namun, GPU grafis tidak dimaksudkan untuk bermain game dan hanya dapat digunakan untuk desain dasar.

Sebagai perbandingan, Asus VivoBook S14 dengan prosesor Intel Core i5-10210U generasi ke-10 mencetak skor 3272 dan 985 dalam tes Geekbench. Di sisi lain, laptop Dell G5 155500 sebagai permulaan juga menyertakan Intel Core i5-10300H generasi ke-10 dan masing-masing mencetak 4180 dan 1125 dalam tes multi-core dan single-core. Sebagai perbandingan, VivoBook Flip 14 menawarkan kinerja yang mulus, meskipun ada beberapa parameter yang perlu dipertimbangkan dalam perbandingan ini.

Asus VivoBook Flip 14: kinerja dalam kehidupan nyata

Kesampingkan skor benchmark, kinerja laptop di dunia nyata adalah yang terbaik. Skor tersebut menunjukkan bahwa perangkat dapat berjalan dengan lancar dan juga dapat dilihat di kehidupan nyata. Selama waktu saya dengan laptop konvertibel, saya hampir tidak menemukan masalah dengan perangkat. Dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 yang berjalan, Anda bisa mendapatkan kelancaran dari awal hingga akhir dengan laptop Anda. Pastikan Anda secara teratur memperbarui aspek perangkat lunak untuk pengalaman yang bebas repot.

Juga layak disebutkan di sini adalah output audio. Audio Asus VivoBook Flip 14 disediakan oleh Harman-Kardon, menawarkan pengalaman suara surround yang lengkap. Kisi-kisi speaker ditempatkan di bagian belakang laptop yang menonjolkan pengalaman audio. Namun, setelah bereksperimen dengan audio speaker yang menghadap ke atas pada perangkat seperti Lenovo Yoga Slim 7, speaker di bagian belakang terasa agak membosankan. Meski begitu, output audio secara keseluruhan cukup terpuji.

Performa baterai Asus VivoBook Flip 14: lebih dari memuaskan

Asus VivoBook Flip 14 dibekali baterai 3-cell 42 Wh dengan catu daya 45 W. Ringkasnya, baterai laptop berjalan lancar selama hampir 6-7 jam. Tentu saja itu juga tergantung pada apa yang Anda lakukan dengannya!

Pada 92 persen, baterai menunjukkan hampir 10 jam waktu kerja yang tersedia. Saya terutama mengerjakan beberapa file dokumen, menjelajah dan memutar musik latar. Setelah lebih dari lima jam, baterai laptop menunjukkan 35% dengan 1:20 jam tersisa. Jika Anda akan bekerja terutama pada file, menjelajah internet, dan streaming audio atau video, baterai akan dengan mudah bertahan hingga 7 jam atau lebih.

Asus mencatat bahwa pengisi daya dilengkapi dengan kemampuan pengisian cepat, yang memungkinkan Anda mendapatkan jus 60% dalam 49 menit, yang cukup akurat. Saya bisa mendapatkan laptop yang terisi penuh dalam waktu kurang dari dua jam, memungkinkan saya untuk bekerja selama 6-7 jam berturut-turut.

Faktor penting lainnya untuk disebutkan di sini adalah kebisingan saat diisi daya. Saya perhatikan bahwa laptop menjadi luar biasa keras saat diisi daya dengan kipas yang berjalan dengan zoom penuh. Selain itu, laptop menghadapi beberapa masalah pemanasan, terutama saat sedang diisi daya.

Asus VivoBook Flip 14: haruskah Anda membeli?

Ya! Anda dapat melanjutkan dan mendapatkan Asus VivoBook Flip 14 untuk pekerjaan profesional dan pribadi Anda. Desain konvertibel, pena Asus, dan kemampuan layar sentuh menjadi sorotan di sini. Perangkat seperti HP Pavilion x360, Lenovo IdeaPad Slim 5i, dan Lenovo Yoga C640 adalah beberapa laptop konvertibel lainnya dengan kisaran harga yang sama.

Namun, penambahan Asus Pen, grafis Intel Iris Xe dan parameter serupa lainnya menjadikan Asus VivoBook Flip 14 pilihan yang baik. Jika Anda seorang profesional yang bekerja dan perlu membawa perangkat Anda setiap hari, perangkat ini adalah pilihan ringan yang bagus untuk dibeli!

Check Also

Gambar Review Asus TUF DASH F15

Review Asus TUF DASH F15: NextGen Laptop Gaming

Asus memiliki sejumlah seri laptop gaming yang ditawarkan dengan berbagai kisaran harga. Tahun ini, perusahaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *