Gambar Review Asus ZenBook Duo UX482

Review Asus ZenBook Duo UX482: Tidak Biasa Dan Menginspirasi

Jika Anda mencari laptop atau smartphone baru, kemungkinan besar hampir semua opsi akan terlihat serupa dari kejauhan. Sebagian besar laptop akan memiliki layar di bagian atas dan keyboard di bagian bawah, yang belum pernah diubah setidaknya dalam 25 tahun terakhir.

Sebagian besar laptop ini menawarkan pengalaman pengguna yang baik karena kami terbiasa dengan faktor bentuk khusus itu. Meskipun ada produk yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau produktivitas, orang berpikir dua kali sebelum membelinya dan Asus ZenBook Duo UX482 adalah salah satu perangkat tersebut.

Saya telah menguji laptop layar ganda Asus ZenBook Duo UX482 terbaru selama beberapa minggu terakhir, yang hadir dengan harga mulai Rs. 99.990 dan model yang saya ulas berharga Rs. 1.29.900. Inilah pendapat saya tentang Asus ZenBook Duo UX482.

Spesifikasi Asus ZenBook Duo UX482

  • CPU: Intel Core i7-1165G7
  • Layar: 14-inci 1920×1080, IPS FHD 60Hz dan ScreenPad Plus 12,65 inci (resolusi 1920 x 515p) dengan sentuhan
  • GPU: Intel Iris Xe
  • Memori: 16GB LPDDR4x
  • Memori: 1TB PCIe Gen3 SSD
  • Baterai: 70 WHr
  • Sistem operasi: Microsoft Windows 10 64-bit

Desain Asus ZenBook Duo UX482: langkah ke arah yang berbeda

Asus ZenBook Duo UX482 bukan laptop layar ganda pertama perusahaan. Namun, ini adalah laptop layar ganda terbaru dan paling terjangkau dari merek tersebut. Laptop ini menentang peraturan laptop. Jadi, saya ingin menyebutnya komputer daripada laptop, karena ini bukan mesin yang dapat Anda gunakan dengan memegangnya di pangkuan Anda.

Di dunia yang sempurna, tidak ada tempat untuk laptop seperti Asus ZenBook Duo UX482. Ingat apa yang orang katakan tentang mobil listrik pada tahun 2010 dan mesin pembakaran internal pada tahun 1780? Hal yang sama juga terjadi pada Asus ZenBook Duo UX482. Mesin ini mungkin tampak seperti perangkat dengan banyak fungsi yang tidak perlu bagi mereka yang menggunakan laptop biasa. Dan, saya yakin kesannya akan berubah begitu mereka mulai menggunakannya.

Ini adalah laptop bagi mereka yang suka mencoba teknologi mutakhir, yang suka bereksperimen, apa yang mungkin menjadi faktor bentuk utama berikutnya untuk laptop. Ya, seperti banyak hal lainnya, tren laptop layar ganda ini mungkin tidak menjadi arus utama, tetapi saya berharap demikian.

Asus ZenBook Duo UX482 memiliki layar sentuh ganda dan layar sekunder dapat dinonaktifkan untuk meningkatkan masa pakai baterai dan mengubahnya menjadi laptop layar tunggal biasa. Bahkan jika Anda tidak menyukai layar ganda, Asus ZenBook Duo UX482 adalah laptop yang bagus, dan layar ganda menjadi bonus tambahan yang mungkin berguna suatu hari nanti.

Tampilan utama Asus ZenBook Duo UX482: Layar sentuh adalah bonus tambahan
Asus ZenBook Duo UX482 memiliki layar 1080p 14 inci dengan dukungan input sentuh dengan dukungan stylus (disertakan dengan perangkat). Ini adalah panel LCD IPS 8-bit dengan kecerahan puncak 400 nits dan menawarkan cakupan sRGB 100% dan panel ini juga divalidasi Pantone.

Layar utama memiliki rasio screen-to-body 93 persen dengan aspek rasio 16:9. Layar menjadi cukup terang untuk penggunaan di dalam ruangan dan juga memiliki reproduksi warna yang sangat baik. Karena ini adalah panel 8-bit, itu tidak mendukung standar HDR, yang memalukan.

Jika Anda mencari panel resolusi lebih tinggi, Anda dapat mempertimbangkan ZenBook Pro Duo UX582 yang hadir dengan layar OLED 4K. Perlu diingat bahwa ZenBook Pro Duo UX582 harganya jauh lebih mahal daripada ZenBook Duo UX482. Dan saya rasa, untuk laptop 14 inci, panel 1080p akan cukup tajam bahkan untuk kasus penggunaan profesional.

Karena mendukung input sentuh, mudah untuk berinteraksi dengan perangkat ini dan saya rasa setiap laptop Windows berharga sekitar Rs. 100.000 diharapkan datang dengan layar sentuh. Saya juga dapat menggunakan stylus yang disertakan dengan produk untuk memilih berbagai opsi dan membuat beberapa sketsa (Anda tidak ingin melihatnya).

Meskipun memiliki bezel tipis, perusahaan telah berhasil menyertakan webcam 720p dan sensor IR untuk membantu membuka kunci wajah Windows Hello. Menurut pengalaman saya, fitur face unlock pada ZenBook Duo UX482 cukup cepat, dan komputer mampu mengenali wajah saya bahkan dalam situasi cahaya redup.

Layar sekunder Asus ZenBook Duo UX482: sebagai aksesori

Selama pengujian awal saya, saya merasa bahwa tampilan sekunder, juga dikenal sebagai ScreenPad Plus, seperti aksesori yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Ketika saya mulai menggunakan laptop, saya dapat menjelajahi Screenpad Plus dan berikut adalah beberapa kasus penggunaan saya untuk ScreenPad Plus.

Saya terutama menggunakan ScreenPad Plus untuk memutar video saat saya sedang mengerjakan tugas di layar utama. Itu juga bertindak sebagai perangkat kontrol multimedia untuk mengontrol pemutaran musik dan banyak lagi. Setiap kali saya merasa baterai hampir habis, saya cukup mematikan ScreenPad Plus, yang tentunya membantu memberikan daya tahan baterai yang lebih baik.

Perhatikan bahwa saat layar utama dibuka, ScreenPad Plus dimiringkan, yang meningkatkan visibilitas layar sekunder. Selain itu, ASUS ErgoLift Stand yang disediakan juga dapat dihubungkan, yang meningkatkan ergonomi laptop. Kecuali untuk kasus penggunaan ini, saya belum menemukan banyak kegunaan ScreenPad Plus.Namun, jika Anda suka mengedit foto dan video, ScreenPad Plus dapat membuka dunia yang sama sekali baru.

Keyboard dan trackpad Asus ZenBook Duo UX482

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Asus ZenBook Duo UX482 tidak terlihat seperti laptop pada umumnya, dan alasan lainnya adalah keyboard dan trackpad. Karena penempatan ScreenPad Plus, keyboard dan trackpad terletak di tepi, yang membuat perangkat ini tidak dapat digunakan tanpa meletakkannya di atas meja.

Keyboard dan trackpad tidak ada masalah. Faktanya, laptop ini memiliki keyboard yang sangat taktil, yang bahkan dapat mengungguli keyboard pada beberapa laptop gaming kelas menengah dan anggaran. Juga letak trackpad yang agak sulit dijangkau di sisi kanan, karena kebanyakan laptop akan memiliki trackpad di tengah.

Kinerja CPU Asus ZenBook Duo UX482: Intel generasi ke-11 di dalamnya

Jika Anda mencari laptop modern dengan performa yang baik, Asus ZenBook Duo UX482 tidak mengecewakan, karena perangkat ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1165G7 generasi ke-11 dan juga tersedia dalam varian Core i5. Varian ini juga menawarkan RAM LPDDR4x 16GB dan SSD PCIe Gen3 1TB yang membantu kecepatan boot, perangkat lunak, dan kecepatan memuat game.

Asus ZenBook Duo UX482 juga merupakan laptop bersertifikat Intel Evo, yang berarti perangkat ini menawarkan daya tahan baterai sepanjang hari dan opsi konektivitas seperti WiFi 6, menawarkan semua yang Anda inginkan dari laptop tipis dan ringan modern. .

Jika Anda mencari benchmark, Asus ZenBook Duo UX482 mencetak 525,7 poin dan 2726 poin pada kinerja CPU-Z single-core dan multi-core. Demikian juga, perangkat mencetak 1510 dan 5345 poin dalam tes benchmark CPU single-core dan multi-core Geekbench 5.

Komputer juga berkinerja baik di Cinebench R23, yang mengingatkan pada tugas rendering dunia nyata, di mana laptop mencetak 1351 poin pada single-core dan 3753 poin pada kinerja multi-core. Asus ZenBook Duo UX482 sebenarnya mengungguli MSI Prestige 14 Evo yang ditenagai oleh Intel Core i7-1185G7 generasi ke-11 yang memiliki clock speed lebih tinggi dari Intel Core i7-1165G7.

Performa GPU Asus ZenBook Duo UX482: terbaik di kelasnya

Asus ZenBook Duo UX482 hadir dengan Intel Iris Xe dengan GPU NVIDIA GeForce MX450 dengan memori video 2GB GDDR6. Iris Xe adalah kartu grafis terintegrasi terbaik Intel, dan MX450 juga menawarkan kinerja grafis serupa.

Anda dapat bermain dalam resolusi 720p pada pengaturan grafis sedang atau resolusi 1080p pada pengaturan grafis rendah. Jika Anda seorang gamer yang serius, ini bukan laptop yang perlu dipertimbangkan. Namun, performa grafis laptop ini seharusnya memuaskan para office goer yang sesekali bermain game dengan santai.

Kami menguji GTA: V pada Asus ZenBook Duo UX482 dan hanya dapat memainkan game itu pada 1080p pada pengaturan grafis rendah, di mana kecepatan bingkai rata-rata sekitar 30.

Masa pakai baterai Asus ZenBook Duo UX482: masa pakai baterai sepanjang hari
Asus ZenBook Duo UX482 dapat dengan mudah bertahan enam hingga tujuh jam dengan sekali pengisian daya bahkan untuk pengguna biasa. Laptop ini dilengkapi dengan pengisi daya USB-PD USB Type-C 65W, yang dapat dengan cepat mengisi daya laptop dan perangkat lain yang menerima pengisian daya USB Type-C.

Meskipun saya awalnya khawatir tentang masa pakai baterai, karena baterai 70 WHr harus memberi daya pada dua layar, saya secara konsisten mencapai masa pakai baterai rata-rata sekitar enam setengah hingga tujuh jam tanpa masalah. Oleh karena itu, Asus ZenBook Duo UX482 jelas merupakan komputer sepanjang hari.

Kesimpulan

Salah satu faktor utama saat merekomendasikan perangkat dengan faktor bentuk atau desain baru adalah biaya. Sebagian besar perangkat unik harganya jauh lebih mahal daripada perangkat biasa, yang berarti Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkannya dan kegembiraannya tidak akan cukup.

Asus ZenBook Duo UX482 menentang undang-undang ini, karena harganya mirip dengan laptop lain dengan prosesor, RAM, dan penyimpanan yang serupa. Model kelas atas juga berharga Rs. 129.990, sedangkan model dasar hanya berharga Rs. 99.990. Jadi, Anda bisa mendapatkan perangkat baru tanpa menghabiskan banyak uang.

Saya menyukai Asus ZenBook Duo UX482 seperti laptop biasa, karena memiliki keyboard yang bagus, tampilan utama yang bagus, daya tahan baterai yang baik, rentang I/O yang lebar, dan faktor bentuk yang tipis dan ringan. Fitur seperti Smart Pad merupakan manfaat tambahan yang Anda dapatkan dengan Asus ZenBook Duo UX482. Secara keseluruhan, Asus ZenBook Duo UX482 adalah laptop layar ganda dengan harga terjangkau.

Check Also

Gambar Review Asus TUF DASH F15

Review Asus TUF DASH F15: NextGen Laptop Gaming

Asus memiliki sejumlah seri laptop gaming yang ditawarkan dengan berbagai kisaran harga. Tahun ini, perusahaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *