Review Dell XPS 13 9310: Pengalaman Laptop Windows Premium Dengan Biaya Besar

Dell adalah salah satu dari sedikit merek manufaktur komputer yang membuat laptop untuk semua segmen, mulai dari model entry-level hingga mesin game kelas atas di bawah merek Alienware. Jajaran laptop Dell XPS dikenal menawarkan faktor bentuk yang tipis dan ringan serta kinerja terbaik di kelasnya. Dell baru-baru ini memperbarui XPS 13 dan XPS 15 dengan prosesor Intel Generasi ke-11 Tiger Lake.

Dell XPS 13 9310 terbaru lebih baik daripada Apple MacBook, karena harganya lebih dari Rs. 2.22.000 di India? Saya menguji Dell XPS 13 9310 dengan Intel Core i7-1185G7 dengan SSD 1TB dan RAM LPDDR4x 16GB dan inilah ulasan lengkap kami.

Spesifikasi Dell XPS 13 9310

  • CPU: Intel Core i7-1185G7
  • Layar: 13,4 inci 3840 x 2400, IPS 60Hz
  • GPU: Intel Iris Xe
  • Memori: 16GB LPDDR4x
  • Memori: 1TB PCIe SSD
  • Baterai: hingga 8 jam (dinyatakan)
  • Sistem operasi: Microsoft Windows 10 Pro 64 bit

Desain Dell XPS 13 9310: lebih tipis dan lebih ringan

Untuk desain XPS 13, Dell mengikuti jejak Apple dengan bodi logam dan desain profil ramping. XPS 13 terlihat seperti MacBook 13 dari luar. Namun, di dalam (saat Anda membuka tutupnya) ada beberapa hal yang tidak Anda lihat di mesin lain, yang memberikan karakter unik pada perangkat ini. Laptop ini hanya berbobot 1,2 kg dan memiliki profil ramping, sehingga mudah dibawa-bawa.

Ada lampu LED di tengah laptop, yang menunjukkan masa pakai baterai laptop. LED berubah menjadi putih jika laptop sedang diisi dan berubah menjadi oranye jika persentase baterai turun menjadi kurang dari 20 persen. Sebuah fitur sederhana namun sangat berguna dan berkat ukuran LED yang besar, juga sangat mudah untuk mengetahui masa pakai baterai bahkan dari jarak jauh.

XPS 13 hanya memiliki dua port USB Type-C dan salah satunya dapat digunakan untuk mengisi daya dan ada juga kartu microSD, yang seharusnya menjadi slot kartu SD berukuran penuh. Artinya, saat mengisi daya laptop, Anda hanya memiliki satu port USB Type-C.

Tidak seperti Apple, Dell menyertakan dongle USB Type-C ke USB-A dalam paket ritel, yang memecahkan masalah ini sampai batas tertentu. Namun, saya merasa bahwa XPS 13 seharusnya dilengkapi dengan setidaknya satu port USB Tipe A, untuk menghubungkan periferal seperti mouse atau keyboard eksternal.

Satu hal yang sedikit mengganggu saya tentang XPS 13 adalah bodinya yang melentur. Jika Anda menggunakan laptop ini di pangkuan Anda tanpa meletakkannya di atas meja, kemungkinan besar Anda dapat mengaktifkan klik mouse, terutama jika Anda memberi tekanan lebih pada sisi kiri atau kanan palm rest. Saya kebetulan mengalami hal yang sama saat menggunakan laptop ini di tempat tidur. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah jika Anda menggunakan laptop di permukaan yang datar seperti meja.

Jika kita melihat desain Dell XPS 13 9310, tidak ada yang luar biasa selain itu adalah salah satu laptop tipis dan ringan yang paling praktis dan perusahaan telah menyempurnakan formula ini dalam beberapa tahun terakhir. Karena laptop mendukung input sentuh, saya hanya ingin Dell membuat tampilan dapat diputar pada iterasi berikutnya. Sama seperti Apple, Dell XPS 13 9310 adalah salah satu laptop desain yang lebih praktis, yang memiliki banyak port untuk mencapai faktor bentuk yang ramping ini.

Layar Dell XPS 13 9310 – salah satu yang terbaik di laptop

Layar yang bagus di laptop gaming harus memiliki kecepatan refresh yang tinggi, sedangkan layar yang bagus di ultrabook harus memiliki resolusi yang tinggi. Dell XPS 13 9310 melakukan hal yang sama dan menawarkan layar UHD 4K tepi-ke-tepi 13 inci dengan kecerahan maksimum 500 nits dan dukungan untuk input sentuh. Dell XPS 13 9310 memiliki salah satu tampilan terbaik pada laptop yang telah saya uji sejauh ini. Perhatikan bahwa ada juga model dasar XPS 13 dengan layar resolusi 1080p, yang harganya jauh lebih murah daripada XPS 13 dengan layar 4K.

Layar XPS 13 jernih, akurat warna, mendukung input sentuh, dan juga mendukung HDR, menjadikannya layar yang bagus untuk menonton acara di platform seperti Netflix dan Prime Video. Sekali lagi, Anda juga dapat melakukan streaming video HDR asli dari YouTube ke Dell XPS 13 9310 dalam resolusi 4K. Ini adalah Dolby Vision dan VESA DisplayHDR 400 bersertifikat, menjadikannya salah satu tampilan HDR terbaik di laptop.

Dell XPS 13 9310 juga memiliki bezel tertipis yang pernah saya lihat di laptop. Meskipun memiliki bezel yang lebih tipis, merek tersebut telah berhasil memasukkan kamera web 720p di bagian atas layar, dan kami tidak mengharapkan sesuatu yang kurang dari pada laptop dengan harga lebih dari Rs. 2.000.000. Dell XPS 13 9310 menawarkan pengalaman menonton terbaik dan juga merupakan salah satu keunggulan notebook ini.

Jika Anda memprioritaskan layar resolusi tinggi yang akurat warna di atas hal-hal lain, Dell XPS 13 9310 tidak akan mengecewakan Anda. Perhatikan bahwa secara default HDR akan dimatikan dan harus dihidupkan secara manual. Selain itu, Anda hanya dapat menggunakan HDR di Dell XPS 13 9310 saat pengisi daya tersambung ke laptop, karena mode HDR meningkatkan kecerahan, yang menghabiskan banyak daya.

Sejujurnya, jika XPS 13 memiliki tampilan yang kurang, akan sulit untuk membenarkan harga premium itu. Ini juga merupakan tampilan yang bagus untuk mengedit video. Namun, karena keterbatasan CPU dan GPU, Anda tidak akan mendapatkan pengeditan video 4K yang mulus. Namun, laptop harus dapat menangani foto yang jernih dan pengeditan video 1080p tanpa masalah.

Keyboard dan trackpad Dell XPS 13 9310: pengalaman mengetik yang menyenangkan

XPS 13 memiliki keyboard berukuran penuh tanpa tombol angka dengan tombol travel yang dangkal. Pada awalnya, saya bukan penggemar berat keyboard ini, karena saya selalu menyukai laptop dengan key travel yang bagus. Namun, setelah beberapa hari digunakan, keyboard ini telah tumbuh pada saya. Meskipun memiliki perjalanan kunci rendah, ia menawarkan pengetikan yang baik, menawarkan pengalaman mengetik yang menyenangkan. Tombol berwarna putih dan yang terbaik adalah mematikan lampu latar di siang hari untuk visibilitas tombol yang lebih baik.

Baris atas keyboard memiliki tombol fungsi untuk mengontrol volume, kecerahan, dan tombol di sudut kanan atas adalah tombol daya dengan sensor sidik jari. Perhatikan juga bahwa XPS 13 mendukung buka kunci wajah berbasis kamera IR dan salah satu fitur ini dapat digunakan untuk otentikasi.

Tidak banyak yang bisa dikatakan tentang trackpad XPS 13, ini akurat dalam melacak pergerakan kursor. Namun, saya merasa trackpadnya agak terlalu kecil. Apalagi jika dibandingkan dengan Apple MacBook atau bahkan Dell XPS 15 atau Dell XPS 17, yang menawarkan trackpad yang jauh lebih besar. Sekali lagi, jika Anda menerapkan sedikit tekanan ke kedua sisi, trackpad akan mencatatnya untuk klik, yang sedikit mengganggu, terutama saat menggunakan perangkat ini di permukaan yang tidak rata.

Dell XPS 13 9310 Kamera dan audio: nyaring dan jernih

Sekarang jelas bahwa tampilan Dell XPS 13 9310 sangat fantastis. Dan suara? Sekali lagi, tidak ada kejutan di sini, karena Dell XPS 13 9310 jelas merupakan salah satu laptop 13 inci terbaik di pasaran. Suaranya tidak hanya keras tetapi juga jernih dan Anda dapat dengan mudah menonton film atau mendengarkan musik sambil bekerja tanpa menghubungkan speaker eksternal atau headphone.

XPS 13 memiliki kamera web 720p di bagian atas, mirip dengan kebanyakan laptop, dan akan berfungsi dengan baik untuk tugas-tugas seperti konferensi video. Dalam kondisi pencahayaan yang baik, webcam menawarkan kualitas gambar yang baik. Namun, kami ingin melihat setidaknya webcam 1080p yang satu ini, karena gambar 720p pada layar 4K terlihat sangat piksel.

Kinerja Dell XPS 13 9310: Kinerja disertifikasi oleh Intel Evo

Dell XPS 9310 ditenagai oleh salah satu prosesor paling kuat: Intel Core i7-1185G7, prosesor quad-core delapan utas yang menawarkan kecepatan clock dasar 1,2 GHz dan kecepatan boost maksimum 4, 8 GHz. core dapat mencapai frekuensi ini menggunakan Intel Turbo Boost Technology. Ini adalah SoC, karena juga dilengkapi dengan grafis Intel Iris Xe, yang menggunakan RAM onboard sebagai memori video.

Ini adalah prosesor Tiger Lake Generasi ke-11 berdasarkan teknologi SuperFin 10nm, yang hemat energi dibandingkan prosesor Intel 14nm Generasi ke-10. Sama seperti kecepatan clock, TDP prosesor ini juga dapat dikonfigurasi dari 12W hingga 28W, memberi Anda kontrol lebih besar atas kinerja dan masa pakai baterai. Laptop ini dilengkapi dengan RAM LPDDR4x 16 GB dengan kecepatan clock 4267 MHz.

Ini juga merupakan laptop bersertifikat Intel EVO. Perangkat harus menawarkan fitur seperti WiFi6, masa pakai baterai sepanjang hari, Thunderbolt 4, dan bangun yang lebih cepat untuk mendapatkan sertifikasi EVO ini. Dalam hal standar ultrabook premium, Dell XPS 13 9310 memiliki semua yang Anda butuhkan di laptop kelas ini.

Datang ke tolok ukur, laptop mencetak 563,5 poin pada satu utas dan 2921,1 poin pada kinerja multi-utas. Demikian pula, di Geekbench 5, perangkat mencetak 1522 poin pada single-core dan 5361 poin pada kinerja CPU multi-core. Terakhir, pada Cinebench R23, laptop ini mencetak 1398 poin pada single-core dan 3841 poin pada kinerja CPU multi-core.

Untuk penggunaan di dunia nyata, Dell XPS 14 9310 menangani hampir semua tugas tanpa kesulitan. Kasus penggunaan normal saya melibatkan pembukaan sekitar 20 browser di Chrome dengan slack, aplikasi Thunderbird, dan aplikasi VPN. Bahkan dengan semua aplikasi ini terbuka di latar belakang, perangkat tidak menunjukkan kelambatan apa pun.

Masa Pakai Baterai Dell XPS 13 9310: Masa pakai baterai rata-rata

Jika Anda menginginkan laptop dengan daya tahan baterai sepanjang hari, Anda mungkin perlu memilih Dell XPS 13 9310 dengan layar 1080p, yang dinilai menawarkan daya tahan baterai 14 jam. Pada unit tampilan 4K kami, perusahaan mengklaim menawarkan delapan jam masa pakai baterai.

Dalam penggunaan kami, kami dapat memperoleh daya tahan baterai lima hingga enam jam tanpa masalah. Selain itu, laptop menggunakan port USB Type-C untuk pengisian daya, dan pengisi daya yang sama dapat digunakan untuk mengisi daya sebagian besar ponsel cerdas Android atau perangkat lain dengan dukungan pengisian daya USB PD.

Jika Anda adalah pengguna berat, Anda mungkin perlu mengisi daya perangkat ini setidaknya sekali sebelum akhir hari. Ini seharusnya tidak menjadi masalah, karena laptop dilengkapi dengan pengisi daya 45W, yang dengan cepat mengisi daya baterai 52Wh dalam waktu kurang dari dua jam.

Kesimpulan

Dell XPS 13 9310 adalah laptop yang menginginkan yang terbaik, terutama bagi mereka yang menginginkan perangkat yang mirip dengan MacBook Pro tetapi dengan sistem operasi Windows asli. Ini adalah laptop premium yang juga hadir dengan sistem operasi Windows 10 Pro. Sekali lagi, semua ini ada harganya, yang menjadikannya salah satu laptop tipis dan ringan yang lebih mahal dan mungkin bukan untuk semua orang yang hanya menginginkan kinerja yang terjangkau. .

Sekali lagi, Anda tidak akan bisa membenarkan harga laptop ini hanya dengan melihat lembar spesifikasi. Namun, jika Anda melihat produk secara keseluruhan dan pengalaman komputasi yang ditawarkannya, hanya ada beberapa laptop yang mendekati Dell XPS 13 9310. Apakah Anda siap mengeluarkan uang ekstra untuk pengalaman yang lebih halus itu? Pilih Dell XPS 18 9310.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button