Gambar Review Laptop Gaming HP Omen 15

Review Laptop Gaming HP Omen 15: Langkah ke Arah yang Benar

Laptop gaming tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Anda sekarang bisa mendapatkan laptop gaming yang kuat dengan layar 14 inci, sementara sebagian besar produk di ceruk ini menawarkan layar 15,6 inci. Mendengar nama HP, mungkin Anda akan mengasosiasikannya dengan perusahaan pembuat laptop dan notebook kantor yang tipis dan ringan.

HP juga memproduksi seri laptop gaming dengan seri OMEN sebagai andalannya. Saya menguji HP Omen 15 yang ditenagai oleh Intel Core i7-10750H Generasi ke-10 dengan GPU NVIDIA GTX 1650 Ti, dan inilah ulasan lengkap kami.

Spesifikasi HP Omen 15

  • Nomor Model: Laptop OMEN 15-ek0019TX
  • CPU: Intel Core i7-10750H (12 MB cache)
  • Layar: 15,6 inci FHD IPS 1920×1080, 144Hz
  • GPU: NVIDIA GeForce GTX1650Ti, 4GB GDDR6
  • Memori: 16GB DDR4-2933
  • Memori: 1TB M.2 PCIe NVMe SSD
  • Baterai: 52,5 Wh
  • Sistem operasi: Microsoft Windows 10 64-bit

Harga dan ketersediaan

Varian yang kami ulas dijual seharga Rp 23.501.945 dan menawarkan penyimpanan berbasis SSD 1TB bersama dengan memori DDR4 16GB. Muncul dengan panel refresh rate 144Hz dengan resolusi 1080p. Perhatikan bahwa laptop yang sama dengan layar 1080 60Hz, ditenagai oleh Ryzen 5 bersama dengan RAM 8GB dan penyimpanan 512GB tersedia dengan harga Rp 14.759.732.

Tergantung pada anggaran dan kebutuhan Anda, Anda dapat memilih model yang tepat untuk Anda. Bahkan, ada versi high-end dari Omen 15 dengan GPU RTX 2070, yang harganya Rs. 180.999.

Desain HP Omen 15: ramping tapi berbeda

Desain HP Omen 15 tidak begitu menarik seperti laptop Alienware atau bahkan seri Asus ROG. Tampilan dan estetika mesin ini tidak meneriakkan permainan tidak seperti beberapa laptop gaming dalam model ini. Sebagai gantinya, ia menawarkan desain yang bersih dengan sedikit fitur game-centric seperti keyboard RGB-backlit dan logo Omen yang berubah warna di bagian belakang perangkat.

Seluruh laptop terbuat dari plastik keras dan berkualitas tinggi, yang memberikan tampilan yang bagus pada laptop ini. Untuk laptop seharga lebih dari Rs. 1,00,000, saya merasa perusahaan harus menggunakan logam setidaknya untuk panel belakang dan area palm rest.

Ada beberapa tampilan yang fleksibel karena penggunaan plastik, yang serupa dengan laptop lain dengan bodi plastik. Namun, HP Omen 15 memiliki hasil akhir matte dan tidak mengambil sidik jari atau noda apa pun, yang merupakan nilai tambah.

Adapun I / O, HP telah melakukan pekerjaan luar biasa termasuk beberapa port populer seperti slot kartu SD berukuran penuh, jack Ethernet RJ45, port HDMI berukuran penuh, beberapa port USB-A, port USB tipe C, dan port layar kecil. Ini memiliki semua port yang ingin saya lihat di laptop gaming, sehingga Anda dapat menggunakan sebagian besar aksesori tanpa memerlukan dongle atau konektor apa pun.

Tampilan HP Omen 15: Di atas rata-rata

Omen 15 menampilkan layar 15,6 inci dengan bezel tipis di sepanjang tepinya dan kecepatan refresh maksimum 144Hz. Layar menawarkan kecerahan puncak 300 nits dengan solusi anti-silau dan cakupan ruang warna 72% NTSC.

Kecerahan layarnya memadai untuk penggunaan di dalam ruangan dan tampilannya terlihat tajam dan berwarna, terutama jika dibandingkan dengan produk seperti Lenovo Legion 5i. Jika Anda sangat peduli dengan tampilan laptop Anda, HP Omen 15 tidak akan mengecewakan Anda.

Namun, warnanya tidak seakurat beberapa laptop dalam kisaran harga ini dan perangkat ini mungkin tidak cocok untuk pembuat konten, yang ingin memperbaiki atau mewarnai gambar dan video. Ini adalah tampilan refresh rate yang tinggi dan setiap gamer termasuk saya akan menghargai fitur ini, terutama saat memainkan game FPS tinggi.

Saya juga menikmati menonton konten di HP Omen 15, sebagian besar di platform streaming OTT seperti Netflix dan Prime Video. Jika Anda seorang gamer yang cenderung menghabiskan waktu untuk mengejar film dan acara TV terbaru, HP Omen 15 tidak akan mengecewakan Anda.

Keyboard dan trackpad HP Omen 15: sangat bagus

Ketika saya beralih ke HP Omen 15 dari Lenovo Legion 5i, saya tidak mengharapkannya, terutama untuk keyboard. Ketika saya pertama kali mulai menggunakan Omen 15, saya terkejut dengan perjalanan utama dan umpan balik yang ditawarkannya, dan Omen 15 tentu saja memiliki salah satu keyboard terbaik di laptop dengan harga sekitar Rs. 100.000.

Keyboard juga mendukung pencahayaan RGB. Namun, tidak seperti beberapa laptop gaming mahal, model ini tidak mendukung pencahayaan RGB per tombol. Sebagai gantinya, ia menawarkan pencahayaan RGB yang dikategorikan dengan empat zona yang dapat diprogram, yang dapat disesuaikan menggunakan perangkat lunak hub gaming Omen.

Dalam hal kecerahan lampu latar utama, hanya ada satu pengaturan, Anda dapat menyalakan atau mematikan lampu latar, dan tidak ada cara lain. Hal yang sama berlaku untuk trackpad juga, perangkat ini memiliki trackpad hebat yang berfungsi dengan baik untuk sebagian besar tanpa masalah. Jika Anda seorang gamer sejati, maka Anda sudah tahu bahwa Anda memerlukan mouse eksternal untuk bermain.

Kamera Web dan Audio HP Omen 15

HP Omen 15 memiliki kamera web HD 720p di bagian atas, yang mirip dengan kebanyakan laptop. Dalam situasi pencahayaan biasa dan cukup terang, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam hal kualitas kamera. Namun, jika Anda bergabung dengan konferensi video dari ruangan gelap, gambarnya berisik.

Konfigurasi speaker HP Omen sedikit mengejutkan saya. Pengaturan speaker stereo pada laptop ini dilengkapi dengan sertifikasi Bang & Olufsen, yang merupakan entitas terkenal di segmen audio kelas atas. Meskipun pengaturan speaker tidak terlalu keras, output audio terdengar penuh dengan tingkat kejernihan yang baik bahkan pada tingkat volume tertinggi. Secara keseluruhan, laptop ini memiliki unit speaker hebat yang dapat dinikmati oleh para gamer dan pengamat pesta.

Kinerja CPU HP Omen 15 15

HP Omen 15 didasarkan pada salah satu CPU laptop gaming Intel yang paling populer – Intel Core i7-10750H, prosesor enam inti dengan TDP 45 W. Bahkan, Lenovo Legion 5i dengan harga yang sama didukung oleh CPU yang sama.

Ketika kami menjalankan beberapa benchmark CPU pada HP Omen 15, kami mendapatkan hasil yang berbeda dibandingkan dengan Lenovo Legion 5i. Pada setiap alat benchmark CPU yang kami jalankan, Legion 5i menawarkan kinerja yang lebih baik dalam hal kinerja single-core, sedangkan HP Omen 15 menawarkan kinerja multi-core yang lebih baik. Yang menjadikan mesin ini perangkat yang sangat baik untuk menggunakan aplikasi kantor yang menggunakan multi-core.

Perangkat ini juga akan menawarkan kinerja yang lebih baik saat melakukan tugas-tugas seperti rendering video atau kompilasi perangkat lunak karena peningkatan kinerja multi-core. Meskipun saya tidak menjalankan benchmark atau bermain game, laptop itu sunyi dan satu-satunya waktu saya dapat mendengar kipas berputar adalah saat menjalankan alat benchmark atau bermain game.

Performa GPU HP Omen 15

Performa grafis dan gaming HP Omen 15 ditangani oleh NVIDIA GTX 1650 Ti khusus dengan memori video GDDR6 4GB, yang sekali lagi identik dengan Lenovo Legion 5i. Di GTA: V, laptop ini menawarkan FPS rata-rata 60 bahkan pada pengaturan grafis sedang dan gim ini sangat dapat dimainkan tanpa masalah.

Dalam Shadow of the tomb raider, FPS rata-rata adalah 56 dengan grafis dan tekstur yang disetel ke kualitas tinggi. Kami juga menjalankan benchmark Superposition dan mencapai FPS rata-rata 40 pada pengaturan grafis tinggi dan 55 fps pada pengaturan grafis sedang pada 1080p.

Sebagian besar game, pada pengaturan grafis sedang, seharusnya dapat menghadirkan gameplay 60fps tanpa masalah. Seperti yang telah kami sebutkan dalam ulasan laptop bertenaga NVIDIA GTX 1650 Ti lainnya, memori video yang terbatas sebesar 4GB juga menjadi hambatan pada laptop ini. GPU yang sedikit kuat dengan memori video 6GB seharusnya dapat menawarkan kinerja gaming yang lebih baik.

Kesimpulan

HP Omen 15 merupakan laptop yang cocok untuk pembeli laptop gaming pemula dan yang menginginkan laptop dengan desain yang tidak terlalu mencolok. Ini dapat menangani sebagian besar game tanpa masalah, dan ini juga merupakan laptop gaming yang sangat baik. Ini adalah laptop yang seimbang, tetapi daya tahan baterainya tidak bagus dan hanya bertahan tiga hingga empat jam bahkan jika Anda tidak bermain game.

Namun, ketika kita melihat harganya, Legiun 5i dengan lembar spesifikasi serupa dibanderol Rs. 18.000 lebih murah dari HP Omen 15. Omen 15 menawarkan tampilan yang sedikit lebih baik dengan solusi penyimpanan semua-SSD. Namun, kami menemukan perangkat ini sedikit mahal, terutama mengingat GPU NVIDIA GTX 1650 Ti, karena Anda dapat dengan mudah mendapatkan laptop seperti MSI GF65 Thin 9SEXR-438IN dengan GPU RTX 2060 dengan harga yang jauh lebih rendah.

Check Also

Gambar Review Asus TUF DASH F15

Review Asus TUF DASH F15: NextGen Laptop Gaming

Asus memiliki sejumlah seri laptop gaming yang ditawarkan dengan berbagai kisaran harga. Tahun ini, perusahaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *