Review OnePlus Nord CE 5G: Pengalaman Inti

OnePlus meluncurkan smartphone Nord Juli lalu sebagai penawaran paling terjangkau di jajaran OnePlus. Itu datang pada saat orang-orang waspada terhadap pengeluaran berlebihan, dan itu adalah salah satu smartphone pertama yang menawarkan 5G dengan harga kurang dari Rs. 30.000. OnePlus kini telah meluncurkan OnePlus Nord CE 5G baru, yang menurunkan harga lebih jauh sambil tetap menawarkan konektivitas 5G dan tiga kamera belakang.

Saya yakin pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda ketika mendengar nama Nord CE 5G adalah “Apa kepanjangan dari CE?” OnePlus mengklaim itu adalah singkatan dari “Core Edition” karena Nord CE mencakup semua dasar yang akan dicari pada smartphone. Jadi apa sebenarnya pengalaman dasar yang dijanjikan ini dan apakah ada sesuatu yang penting yang akan Anda lewatkan dibandingkan dengan OnePlus 9R? Saya menguji OnePlus Nord CE 5G untuk mengetahuinya.

Harga OnePlus Nord CE 5G di India

Harga OnePlus Nord CE 5G mulai dari Rs. 22.999 di India untuk varian dasar dengan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Varian mid-range dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dibanderol dengan harga Rs. 24.999, sedangkan varian top-of-the-range dengan 12GB RAM dan 256GB penyimpanan dihargai Rs. 27.999.

Ketiga varian tersedia dalam warna Dark Charcoal Ink. Varian 8 GB juga tersedia dalam warna Blue Void. Jika Anda memilih versi RAM 12GB, Anda dapat memilih antara keduanya dan opsi Silver Ray eksklusif. Saya memiliki varian spesifikasi teratas di Blue Void untuk ulasan ini.

Desain OnePlus Nord CE 5G

OnePlus Nord CE 5G adalah perangkat yang terlihat bagus dan mengingatkan saya pada Nord asli, terutama dalam warna Blue Void. Ini dibangun dengan kokoh dan terasa nyaman untuk dipegang. OnePlus berhasil menjaga ponsel tetap tipis dengan ketebalan 7.9mm dan berat 170g, membuatnya lebih ringan dari beberapa smartphone lain yang saya uji baru-baru ini. Nord CE 5G seimbang dan melengkung di sepanjang sisi yang membuatnya nyaman untuk dipegang.

Anda mendapatkan layar besar 6,43 inci dengan lubang untuk kamera di sudut kiri atas. Bezel tipis di sekitar sisi dan atas sementara dagu sedikit lebih besar. Sasis Nord CE 5G terbuat dari plastik dan semua tombol ditempatkan di dekat bagian tengah. Tombol power ada di sebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri. Posisi ini memudahkan untuk menjangkau tombol-tombol tersebut tanpa harus mengocok ponsel di tangan Anda. Namun, tidak ada penggeser peringatan, yang telah menjadi merek dagang OnePlus selama bertahun-tahun. Baki SIM juga ada di sebelah kiri dan dapat menampung dua Nano-SIM tetapi tidak ada slot kartu microSD.

Nord CE 5G memiliki jack headphone 3.5mm, yang tidak ada di OnePlus Nord (diulas). Itu ada di bagian bawah bersama dengan port USB Type-C dan speaker. Putar telepon dan hanya ada dua item di sana; logo OnePlus di tengah dan modul tiga kamera di sudut kiri atas. Modul kamera sedikit menonjol, tapi itu bukan masalah besar. Unit uji Blue Void saya memiliki lapisan matte di bagian belakang yang membuatnya cukup tahan terhadap sidik jari.

OnePlus telah menempatkan baterai 4.500mAh di Nord CE 5G yang sedikit lebih besar dari OnePlus Nord asli. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 30W dan dilengkapi dengan pengisi daya Warp Charge 30T di dalam kotak.

Spesifikasi dan perangkat lunak OnePlus Nord CE 5G

Sama seperti OnePlus Nord, Nord CE 5G menampilkan beberapa spesifikasi menarik untuk harga yang diminta. Layar AMOLED 6,43 inci yang besar memiliki resolusi Full HD + dan kecepatan refresh 90Hz, yang merupakan nilai tambah yang besar. Ini juga memiliki pemindai sidik jari dalam layar dan kaca Asahi Dragontrail untuk perlindungan. Mendukung OnePlus Nord CE 5G adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 750G, yang telah kami lihat di beberapa pesaing seperti Xiaomi Mi 10i (ulasan) dan Samsung Galaxy M42 5G (ulasan). Anda mendapatkan 6GB RAM pada varian dasar Nord CE 5G dan 12GB RAM pada varian teratas yang saya miliki untuk ditinjau.

Hanya ada dua pilihan penyimpanan pada smartphone ini, 128GB dan 256GB. Nord CE 5G mendukung Bluetooth 5.1, Wi-Fi dual band, NFC, dan enam sistem navigasi satelit. Ada dukungan untuk konektivitas dual 4G VoLTE dan 5G.

OnePlus telah membangun reputasinya sebagian besar berkat pengalaman perangkat lunaknya yang bersih, dan itulah yang Anda dapatkan di Nord CE 5G. Smartphone ini menjalankan OxygenOS kustom OnePlus berdasarkan Android 11. Unit ulasan saya menjalankan patch keamanan Android April tetapi menerima pembaruan untuk patch keamanan Mei bersama dengan beberapa perbaikan bug saat saya menggunakannya. OxygenOS selesai dengan baik dan menurut saya ponsel ini cukup mudah digunakan. Jika Anda menyukai antarmuka yang bersih dan memiliki ketertarikan pada stok Android, OxygenOS akan menyambut Anda. OnePlus juga menjanjikan dua tahun pembaruan Android dan tiga tahun pembaruan keamanan, yang mungkin hanya mempermanis kesepakatan untuk pembeli potensial.

Nord CE 5G memiliki beberapa aplikasi Google dan OnePlus yang telah diinstal sebelumnya yang dapat dihapus jika diperlukan. Saya belum dibombardir dengan notifikasi dari aplikasi apa pun. Nord CE memiliki layar selalu aktif yang menyala untuk notifikasi yang masuk. Ada juga mode game yang memungkinkan Anda memblokir notifikasi masuk dan menjawab panggilan langsung di speaker saat bermain game. Ini juga memiliki pintasan untuk WhatsApp, Instagram, dan Telegram, tetapi saya tidak dapat menemukan cara untuk menetapkannya kembali Anda bahkan dapat memblokir panggilan masuk dan notifikasi, memprioritaskan kinerja game di atas aplikasi lain, dan menonaktifkan SIM kedua untuk kinerja jaringan yang lebih stabil.

Kinerja OnePlus Nord CE 5G dan masa pakai baterai

OnePlus Nord CE 5G tidak mengejutkan saya saat menggunakannya dan bekerja seperti yang diharapkan. Cepat memuat aplikasi, dan drive RAM 12GB saya membuat multi-tasking menjadi sangat mudah. Saya dapat melompat di antara beberapa aplikasi tanpa harus menunggu telepon memuatnya lagi. Ukuran OnePlus Nord CE 5G yang kecil juga membuatnya mudah digunakan dengan satu tangan.

Saya menemukan pemindai sidik jari dalam layar mudah dijangkau dan tidak pernah membutuhkan lebih dari satu upaya untuk membuka kunci ponsel cerdas. Layar AMOLED bagus untuk menonton konten dan kecepatan refresh 90Hz membuat penggunaan lancar. Hanya ada satu speaker low-fired, yang hampir tidak cukup.

Saya baru-baru ini menguji Samsung Galaxy M42 5G, jadi saya punya ide bagus tentang cara kerja Snapdragon 750G. Unit OnePlus Nord CE 5G saya bekerja dengan baik dan berhasil mencetak 391.813 poin di AnTuTu. Dalam tes single-core dan multi-core GeekBench 5, masing-masing mencetak 639 dan 1.830 poin. Itu berhasil 59fps dan 17fps dalam tes T-Rex dan Car Chase di GFXBench masing-masing. OnePlus Nord CE 5G juga berhasil mencetak 2.737 poin dalam 3D Mark Slingshot OpenGL. Ini sedikit lebih rendah dari yang dicapai oleh Galaxy M42 5G, meskipun ponsel itu diuntungkan dengan tampilan resolusi yang lebih rendah.

Call of Duty Mobile di OnePlus Nord CE 5G bekerja dengan preset Tinggi untuk grafik dan kecepatan bingkai. Saya dapat memainkannya dengan lancar dan tidak melihat penurunan performa saat bermain. Setelah bermain selama 25 menit, saya melihat tingkat baterai turun 7%. North CE sedikit hangat saat disentuh tetapi tidak sampai tingkat yang mengkhawatirkan. Jika Anda ingin bermain di ponsel cerdas Anda, Nord CE 5G dapat menangani judul-judul populer dengan mudah.

Mari kita bicara tentang masa pakai baterai sekarang. Kecepatan refresh Nord CE 5G diatur ke 90Hz secara default dan saya belum mengubahnya selama periode peninjauan. Dalam pengujian loop video HD kami, Nord CE 5G berhasil berjalan selama 19 jam 59 menit, skor yang bagus mengingat kapasitas baterai. Nord CE 5G mungkin dapat menawarkan masa pakai baterai yang sedikit lebih baik dengan kecepatan refresh yang dikurangi menjadi 60Hz.

Pengisian cepat tersedia di OnePlus Nord CE, dan pengisi daya 30W Warp Charge 30T Plus disertakan dalam kotak. Pengisi daya ini membawa smartphone dari nol hingga 67 persen dalam 30 menit dan dapat mengisi penuh dalam waktu sekitar satu jam. Meskipun ini bukan smartphone dengan pengisian daya tercepat yang pernah kami lihat pada tingkat harga ini, ini jauh lebih baik daripada yang seperti Galaxy M42 5G.

Kamera OnePlus Nord CE 5

OnePlus Nord CE hadir dengan pengaturan tiga kamera. Ini memiliki kamera utama 64 megapiksel dengan sensor Omnivision, aperture f / 1.79 dan EIS; kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel dengan bidang pandang 119 derajat; dan kamera hitam putih 2 megapiksel. Untuk selfie, ia memiliki kamera 16 megapiksel dengan aperture f / 2.45. Aplikasi kamera memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan saya telah mencoba berbagai mode pemotretan yang ditawarkannya. AI dapat mendeteksi apa yang saya rekam dan, kadang-kadang, bahkan menyarankan modalitas yang berbeda. Saat menggunakan kamera utama 64 megapiksel, smartphone menggunakan pixel binning secara default yang menghasilkan bidikan 16 megapiksel.

OnePlus Nord CE 5G berhasil mengambil beberapa foto bagus di siang hari, dan ini terlihat sangat bagus di layar AMOLED. Itu juga berhasil menangkap detail yang baik dari objek latar depan dan teksnya dapat dibaca pada pembesaran 100%. Kamera sudut ultra lebar menawarkan bidang pandang yang lebih luas tetapi ada penurunan kualitas gambar yang nyata. Sisi-sisi foto juga tampak melengkung.

Bidikan close-up tajam, dan kamera utama berhasil menangkap tekstur dengan cukup baik. Nord CE 5G juga menangani pemisahan latar belakang yang baik. Mode potret tidak memungkinkan saya untuk menyempurnakan tingkat keburaman sebelum mengambil foto. Ponsel cerdas menampilkan “Efek Kedalaman” saat siap mengambil foto. Outputnya memiliki deteksi tepi yang baik dan efek kedalaman yang bagus.

Foto low-light ternyata biasa saja. Nord CE 5G berhasil menjaga noise tetap terkendali, tetapi Anda masih dapat melihat butiran di output. Dengan Nightscape diaktifkan, telepon menangkap delapan eksposur dan menggabungkannya menjadi satu foto. Proses ini memakan waktu sekitar 7-8 detik. Gambar yang dihasilkan lebih cerah, menghadirkan lebih banyak detail dalam bayangan. Teksturnya juga lebih baik dalam bidikan Nightscape. Telepon memotong ke dalam bingkai untuk menstabilkan bidikan Nighscape, jadi Anda harus memperhitungkannya. Anda juga dapat menggunakan Nightscape dengan kamera sudut ultra lebar, tetapi perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Selfie terlihat jelas, tetapi warna kulit sedikit tidak sinkron dalam bidikan luar ruangan, sementara bidikan dalam ruangan tampaknya tidak memiliki masalah ini. Anda dapat mengambil foto narsis dan telepon menangani deteksi tepi yang baik. Ini dapat mendeteksi wajah bahkan dengan topeng. Selfie cahaya rendah cukup baik dan Anda hanya akan melihat butiran halus pada pembesaran 100%. Perekaman video melebihi 4k 30fps untuk kamera utama dan 1080p 60fps untuk selfie shooter. Rekaman distabilkan dengan baik pada 1080p dan 4K di siang hari dengan hanya sedikit getaran yang terlihat. Kualitas video turun dalam cahaya rendah dan Anda melihat shimmer di output saat telepon mencoba menstabilkan rekaman.

Kesimpulan

OnePlus Nord CE 5G memiliki kinerja yang memadai untuk mengikuti apa yang Anda usulkan dan pengalaman perangkat lunak yang bersih. OnePlus juga mempermanis kesepakatan dengan menjanjikan dua tahun pembaruan perangkat lunak dan tiga tahun pembaruan keamanan, yang akan membuat ponsel tetap mutakhir sampai Anda mulai memikirkan pembaruan berikutnya.

Pengaturan tiga kamera dapat menangani dasar-dasarnya, dan mengingat harganya, tidak banyak yang bisa dikeluhkan untuk pemotretan siang hari. Performa kamera rendah cahaya adalah apa yang masih bisa dilakukan ponsel ini dengan beberapa penyesuaian untuk ditingkatkan. OnePlus Nord CE 5G berhasil memberikan pengalaman dasar yang dijanjikannya, dan mengingat harga awal, tidak sulit untuk merekomendasikan ponsel ini. Namun, varian yang saya ulas berharga Rs, 27.999 dan tidak menawarkan nilai uang yang sama dengan model entry-level. Untuk harga ini, Anda dapat mempertimbangkan OnePlus Nord (Ulasan) atau menunggu penggantinya segera diluncurkan. Jika Anda dapat menghabiskan sedikit lebih banyak, Mi 11X (Ulasan) menawarkan kinerja yang lebih tinggi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button